Paris (ANTARA News) - Michel Platini, Selasa, kembali mencalonkan lagi menjadi Presiden UEFA untuk kedua kalinya, sementara mantan bomber Polandia Grzegorz Lato mendampinginya dalam komite eksekutif UEFA.

Platini, kepala badan sepak bola Eropa, adalah satu-satunya calon pada pemilihan presiden UEFA yang diadakan Selasa ini, sedangkan pemilihan presiden FIFA diselenggarakan Juni mendatang.

Baik Sepp Blatter yang untuk keempat kalinya mencalonkan diri menjadi presiden FIFA, maupun pesaingnya Mohamed Bin Hammam yang merupakan presiden konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) tengah berada di Paris, sedangkan Grant Wahl yang adalah jurnalis asal Amerika menjadi kandidat lainnya.

Wahl mengajukan diri sebagai bentuk protes terhadap kandidat presiden yang sudah ada, demikian Reuters.

Wahl sedang mencari dukungan tertulis dari salah satu dari 208 anggota asosiasi FIFA yang dia perlukan untuk memenuhi syarat pendaftaran kandidat presiden FIFA yang tenggatnya paling lambat 1 April.

Sejauh ini Wahl telah mendekati lebih dari 150 asosiasi tetapi Senin kemarin menghadapi masalah setelah Mauritania memintanya menulis ulang surat permohonanya dalam Bahasa Prancis, bukan Bahasa Inggris.

Ketujuh posisi untuk komite eksekutif UEFA sedang ditawarkan.

Joseph Mifsud dari Malta adalah satu-satunya pejabat eksekutif yang tidak mencalonkan diri, sehingga tinggal enam calon lainnya yang berusaha bertahan ditambah tujuh orang baru yang ingin menggantikan mereka.

Deretan orang baru itu diantaranya Lato yang bermain pada Piala Dunia 1974, 1978 dan 1982.

Mantan pemain berusia 60 tahun dan topskor Piala dunia 1974 dengan tujuh gol ini adalah presiden federasi Polandia sejak 2008. (*)
Adam

Penerjemah:
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2011