Surabaya (ANTARA News) - Rekapitulasi hasil pemungutan suara ulang Pemilihan Gubernur Jawa Timur di Kabupaten Bangkalan dan Sampang telah selesai dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum setempat, Minggu.

Pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Jatim, Soekarwo-Saifullah Yusuf (KarSa) dipastikan memenangi pengumpulan suara atas rivalnya pasangan Khofifah Indar Parawansa-Mudjiono (Ka-Ji).

Hasil rekapitulasi KPU Kabupaten Sampang menyebutkan KarSa memperoleh sebanyak 210.052 suara, unggul 63.692 suara atas pasangan Ka-ji mendapatkan 146.360 suara.

Sementara hasil rekapitulasi KPU Kabupaten Bangkalan juga memenangkan pasangan KarSa dengan keunggulan 109.743 suara. Pasangan cagub-cawagub Jatim nomor urut lima ini mengumpulkan 253.981 suara, sedangkan Ka-Ji hanya meraih dukungan 144.238 suara.

Total pada dua kabupaten di Pulau Madura itu, KarSa mengungguli perolehan suara Ka-Ji dengan selisih 173.435 suara. Hasil ini sekaligus memastikan pasangan KarSa memenangi pilgub Jatim periode 2008-2013.

Sebelum pilgub ulang dilaksanakan di Bangkalan dan Sampang, pasangan Ka-Ji masih memimpin dengan perolehan suara sekitar 138.746 atas KarSa.

Jika digabungkan dengan rekapitulasi suara 36 kabupaten/kota, pasangan KarSa mengumpulkan 7.661.644 suara dan Ka-Ji memperoleh 7.544.287 suara, sehingga Karsa unggul 117.357 suara.

Pemungutan suara Pilgub Jatim di Bangkalan dan Sampang harus diulang, setelah Mahkamah Konstitusi mengabulkan gugatan kubu Ka-Ji atas terjadinya pelanggaran pada pilgub putaran kedua awal November 2008.

Selain pemungutan suara ulang di Bangkalan dan Sampang, MK juga memutuskan kepada KPU Jatim untuk menghitung ulang surat suara di Kabupaten Pamekasan.

Putusan MK itu ditanggapi berbeda kedua pasangan cagub-cawagub. Kubu Ka-Ji menyambut gembira dan optimistis bisa memenangi pemungutan suara ulang pada 21 Januari 2009.

Optimisme itu didasari hasil perolehan suara di 36 kabupaten/kota di Jatim yang masih memenangkan pasangan Ka-Ji.

Sementara kubu KarSa yang tampak kecewa dengan keputusan MK itu, juga tidak kalah optimistis. Mereka menyebut putusan MK hanya menunda kemenangan Karsa di Pilgub Jatim.

Soekarwo dan Saifullah Yusuf akhirnya membuktikan bahwa mereka masih tetap unggul di Bangkalan dan Sampang, seperti yang diperoleh pada putaran kedua lalu.(*)

Pewarta: rusla
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2009