Melbourne (ANTARA News/Reuters) - Pembalap Jepang Sakon Yamamoto akan menjadi pembalap cadangan Virgin Racing untuk tiga seri balapan pertama musim formula satu yang akan dimulai di Australia akhir minggu ini, demikian diinformasikan oleh tim itu Rabu.

Virgin menjadi tim keenam bagi pembalap berusia 28 tahun itu di Formula Satu, setelah pertama kali didaftarkan sebagai pembalap cadangan oleh Jordan pada 2005.

Musim lalu Yamamoto mengikuti tujuh balapan bersama tim Hispania (HRT) setelah sebelumnya dia juga bergabung sebagai pembalap cadangan. Sebelumnya dia sempat membawa mobil balap tim Spyker pada 2007 dan tim Super Aguri pada 2006, dimana dia juga mengawalinya sebagai pembalap cadangan.

Dia pernah menjadi salah satu pembalap yang mengikuti program pengembangan pembalap FI Renault pada 2008

Dalam 21 balapan yang telah diikutinya Yamamoto belum pernah mendapat poin satupun.

"Sakon akan menghabiskan setiap akhir minggu mengamati para pembalap yang sedang membalap dan menghadiri rapat para teknisi untuk memastikan bahwa dia bisa mengembangkan kecepatan yang sama jika dia kemudian ternyata harus diturunkan pada menit-menit terakhir karena satu dan lain hal," kata kepala tim itu John Booth.

"Strategi kami dengan pembalap cadangan adalah untuk mendorong para pembalap menunjukkan kerja kerasnya dalam mencapai waktu putaran terbaik, selain itu kami juga akan mengevaluasi sejumlah pembalap baru yang kami minati selama musim yang akan datang," katanya.

Virgin berada di urutan buncit pada 2010, yang merupakan musim pertama mereka, tanpa berhasil memperoleh poin.

Pembalap utama mereka untuk musim ini adalah pembalap Jerman Timo Glock dan pembalap Belgia Jerome d`Ambrosio. (OKS/I015/K004)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2011