Jakarta (ANTARA) - Deputi II Kepala Staf Kepresidenan Abetnego Panca Putra Tarigan menegaskan pihaknya akan mendalami dan mengkaji isu-isu strategis untuk mengurai masalah di kawasan pantai timur Sumatera.

“Kami akan mendalami isu-isu strategis yang terjadi dan akan menentukan perencanaan yang baik untuk mengangkat isu ini dan segera menyelesaikannya” ujar Abetnego saat menerima audiensi pimpinan Universitas Riau di Jakarta, Rabu, sebagaimana siaran pers KSP.

Menurut dia, selama ini perhatian lebih banyak mengarah ke kawasan daratan, dibanding pesisir dan laut sehingga banyak terjadi ketertinggalan baik di bidang pendidikan, infrastruktur, dan SDM.

Menurut Abetnego, kawasan pantai timur Sumatera memiliki potensi kemaritiman yang sangat besar, sehingga perlu perhatian khusus dari pemerintah. Terlebih lagi kata Abet, pembangunan sektor maritim menjadi salah satu program prioritas Presiden Joko Widodo.

Baca juga: Tenaga Ahli KSP: Festival HAM maksimalkan penegakan HAM disabilitas
Baca juga: Moeldoko: Jangan ada jarak antara pemuda dan pemerintah
Baca juga: Tim KSP pantau penanganan COVID-19 di Palembang


"Sumber daya alam di kawasan ini luar biasa, mulai dari yang terbarukan seperti ikan, hutan, dan mangrove sampai SDA tak terbarukan seperti minyak bumi dan gas. Belum lagi wisata baharinya," lanjut Abet.

Ia menambahkan, pantai timur Sumatera juga menjadi pilar ketahanan nasional karena berada di kawasan perbatasan tiga negara, yakni Thailand, Malaysia, dan Singapura.
 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: M Arief Iskandar
COPYRIGHT © ANTARA 2021