Dobo, Maluku (ANTARA News) - Umat Kristen Kepulauan Aru turut menyukseskan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat provinsi Maluku ke-24 di Dobo, ibu kota kabupaten itu, pada 21-28 Mei 2011.

"Umat Kristen harus berperanserta menyukseskan MTQ tingkat Provinsi Maluku tersebut karena ini berkaitan dengan jalinan keharmonisan antarumat yang merupakan warisan leluhur dan bagian dari tanggung jawab warga masyarakat Kepulauan Aru," ujar Ketua Badan Pekerja Harian Sinode Gereja Protestan Maluku, Pdt Dr John Ruhulesin kepada ANTARA di Dobo, Senin.

John hadir selama tiga hari di daerah itu guna memotivasi Ketua Klasis Kepulauan Aru dan warga Kristen setempat agar menyukseskan pelaksanaan MTQ.

Sukses acara tersebut perlu ditunjukkan semua umat beragama Kepulauan Aru agar tercermin hidup orang basudara (saudara) yang dibingkai budaya pela dan gandong.

"Umat Kristen harus berperan, baik sebagai panitia penyelenggara, mengisi acara memeriahkan MTQ dan terpenting memelihara suasana jalinan keharmonisan antarumat agar pesta iman basudara Islam berlangsung aman, lancar dan sukses," kata John.

Kepala Kementerian Agama Kepulauan Aru, Moh. Dahlan Ohoirenan mengaku bahwa pihaknya dan Ketua Klasis Kepulauan Aru, Wakil Uskup setempat, para imam dan pendeta di Dobo sepakat untuk menyukseskan MTQ nanti.

"Kami akan menandatangani kesepakatan menyukseskan pelaksanaan MTQ, selanjutnya masing-masing pimpinan agama mensosialisasikan kepada umatnya," ujarnya.(*)

L005/Z002

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2011