Jayapura (ANTARA) - Atlet balap kursi roda Sumatra Utara Nina Gusmita menyapu bersih emas tiga nomor pertandingan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua dan sekaligus memecahkan rekor nasional.

Nina mencatat waktu tercepat 33,44 detik pada nomor 200 meter T54 putri yang berlangsung di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, Papua, Jumat.

Catatan waktu Nina memperbaiki rekornas 36,69 detik yang dicetak Mulyani dari Kalimantan Selatan pada Peparnas 2016 di Jawa Barat.

Medali perak diraih Novia Mawarni Ayu dari Papua dengan catatan waktu 39,11 detik, sedangkan medali perunggu menjadi milik Putri Ayu Julianingsih dari Jawa Tengah dengan waktu 40,10 detik.

Pada nomor 100 meter T54 putri, Nina juga meraih emas dengan waktu 18,52 detik, sekaligus menyalip rekor nasional yang dibuat Dina Rulina pada Peparnas 2016 dengan waktu 21,92 detik.

Demikian pula pada nomor 400 meter T54 putri, dara kelahiran Medan, 8 Agustus 1998 ini juga mencatat rekornas baru 1 menit 07,49 detik.

Nina mengaku memang menargetkan medali emas untuk tiga nomor yang diikutinya, tetapi tidak menyangka ternyata bisa sekaligus memecahkan rekornas.

"Target emas iya, tapi enggak target pecah rekor sebenarnya. Alhamdulillah ternyata bisa memecahkan rekor," pungkasnya.

Dalam Peparnas yang kali pertama diikutinya, Nina mengaku tidak muluk-muluk, melainkan hanya berupaya tampil sebaik mungkin.

Baca juga: Papua amankan emas sepak bola CP Peparnas usai menang WO atas Kalsel dan Hari ini Sumut peroleh empat medali dari angkat berat Peparnas Papua

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2021