Medan (ANTARA News) - Lumbung Informasi Rakyat Kota Medan menyatakan akan lebih fokus memantau proses penegakan hukum di daerah itu, karena lembaga swadaya masyarakat tersebut tidak ingin rasa keadilan masyarakat terusik.

"Penegakan hukum yang dilakukan harus mencerminkan keadilan substantif, sebagai cerminan keadilan sesungguhnya," kata Ketua Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Kota Medan, Ganda Manurung di Medan, Kamis.

Untuk mendukung upaya penegakan hukum tersebut, menurut dia, LIRA akan senantiasa mengamati, mencermati, mengkaji dan bersuara terhadap ketidakadilan yang terjadi kepada masyarakat.

Dia menilai, proses penegakan hukum hingga kini masih belum mampu secara optimal memenuhi aspirasi dan harapan masyarakat, karena diperkirakan masih ada oknum aparat penegak hukum yang belum konsisten melaksanakan tugas sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Dikatakannya, LIRA Medan dengan semangat kemandirian dan independensinya bertekad akan terus memantau proses penegakan hukum dan mendukung setiap upaya penegakan hukum yang mengedepankan rasa keadilan masyarakat.

Tekad dan komitmen LIRA tersebut, jelas dia, sejalan dengan cita-cita reformasi yang salah satu di antaranya mewujudkan penegakan hukum secara tegas dan adil di tengah masyarakat.

Selain itu, LIRA Medan juga akan mengawasi sejauh mana penerapan kebijakan yang dilaksanakan Pemerintah Kota (Pemkot) Medan dalam merealisasikan program pembangunan yang berorientasi kepada upaya optimalisasi kualitas pelayanan dan perbaikan kesejahteraan masyarakat.

Salah satu langkah strategis untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan perbaikan kesejahteraan rakyat, mutlak dibutuhkan pengawasan secara ketat terhadap penggunaan anggaran pembangunan.

"Pengawasan terhadap anggaran pembangunan harus dilakukan secara berlapis, baik melalui lembaga legislatif maupun masyarakat," ujarnya.

Untuk mengefektifkan tugas pengawasan tersebut, kata Ganda, pihaknya siap bersinerji dengan Pemkot Medan dan institusi terkait lain di ibukota Provinsi Sumatera Utara (Sumut) itu.

LIRA akan menjadi mitra kebangsaan bagi seluruh stake holders Kota Medan, baik pemerintah maupun lembaga penegak hukum dan lembaga legislatif.

"Kami akan terus memberi respon positif dan mendorong terciptanya pembangunan kesejahteraan masyarakat di segala bidang, baik ekonomi maupun hukum, politik, pendidikan, kesehatan dan bidang-bidang lainnya," katanya.

Seiring dengan tekad dan komitmen tersebut, Ganda mengajak segenap pengurus dan keluarga besar LIRA di Medan agar senantiasa melibatkan diri serta berpartisipasi dan turut serta mengisi kemerdekaan dalam setiap sektor pembangunan.

"Selaku warga negara yang mempunyai hak dan kewajiban yang sama dimata Hukum, saya mengajak seluruh jajaran keluarga besar dan kader LIRA di Medan agar dapat memberi contoh dan teladan yang baik di tengah masyarakat," katanya. (JRD/M034/K004)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2011