Jakarta (ANTARA News) - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyambut baik rencana pendiri Partai Keadilan (PK) Yusuf Supendi untuk membuat partai baru.

"PKS menyambut baik rencana Yusuf Supendi dan teman-temannya untuk membuat partai baru, seperti dinyatakan mantan anggota Majelis Syuro PKS, Tizar Zein," kata Wakil Sekretaris Jenderal Mahfudz Siddiq di Gedung DPR RI, Jakarta, Jumat.

Ketua Komisi I DPR RI itu bahkan mendorong Yusuf Supendi dan teman-temannya agar secepatnya mendeklarasikan partai baru tersebut,

"Akan bagus jika mereka bisa wujudkan partai Islamis dan idealis seperti yang mereka selalu dengungkan. Semakin cepat semakin bagus agar cukup waktu mereka persiapkan diri untuk ikut pemilu 2014," ujar Mahfudz.

Menurut dia, ada perbedaan-perbedaan pokok dalam pemikiran mereka dengan PKS, terutama dalam prinsip inklusifitas atau keterbukaan.

"Mereka menolak ide ini. Hal lain adalah penilaian bahwa PKS sekarang cenderung pragmatis. Padahal dalam pemikiran politik PKS tidak pernah ada kategorisasi idealisme dan pragmatisme," ungkap Mahfudz.

Dengan dibentuknya partai baru oleh Yusuf Supendi, diharapkan partai tersebut mampu menjalankan perbedaan yang ada dalam pemikiran mereka.

"Partai baru ini, yang katanya bernama Hizbullah bisa menjadi saluran bagi cita-cita dan pikiran mereka yang dianggap sudah tidak sejalan dengan PKS," kata Mahfudz. 

Beberapa waktu lalu, mantan anggota Majelis Syuro PKS Tizar Zein mengungkapkan, dirinya beserta mantan pendiri PK akan mendirikan partai baru karena PKS sekarang yang diketuai oleh Luthfie Hasan Ishaq sudah menjadi partai yang pragmatis.
(zsb)

Pewarta: Bambang
Editor: Bambang
COPYRIGHT © ANTARA 2011