Jakarta (ANTARA News) - Indonesia akan menjadi tuan rumah lokakarya Organisasi Perburuhan Internasional (ILO) bertajuk Keberlanjutan melalui Perusahaan yang Kompetitif dan Bertanggung Jawab ("SCORE") yang bertujuan memberdayakan UKM global.

"Di banyak negara termasuk Indonesia, UKM menjadi mesin penggerak pertumbuhan ekonomi," kata Country Director ILO, Peter van Rooij, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat malam.

Menurut dia, UKM adalah kunci untuk menciptakan dan mempertahankan pekerjaan yang layak. Untuk itu, program "SCORE" bertujuan meningkatkan produktivitas dan kondisi kerja UKM di berbagai penjuru dunia, khususnya di negara-negara berkembang, melalui praktik-praktik manajemen dan tempat kerja yang lebih baik.

Lokakarya "SCORE" ILO di Indonesia akan digelar di Bogor, Jawa Barat, pada tanggal 4-8 April 2011, yang akan dihadiri oleh perwakilan dari negara seperti Afrika Selatan, China, Ghana, India, Kolombia, dan Vietnam.

Tujuan lokakarya adalah menyediakan kesempatan bagi masing-masing delegasi untuk menilai efektivitas dari implementasi dan strategi dari program pemberdayaan UKM yang telah dilakukan di masing-masing negara.

Lokakarya itu juga menjadi forum dialog untuk saling menukar pandangan dan pengalaman dalam menciptakan UKM yang lebih kompetitif dan mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Berdasarkan data ILO, UKM telah dapat memperkerjakan hingga sebanyak 95 persen lebih dari jumlah populasi dunia yang termasuk dalam usia produktif.

Indonesia, yang 60 persen penduduk produktifnya bekerja di UKM, telah menjalankan program pemberdayaan UKM ILO sejak Juli 2010 dan rencananya akan berlangsung hingga 2012.

Program yang didanai Sekretariat Negara Swiss untuk Urusan Ekonomi (SECO) dan Lembaga Kerja Sama Pengembangan Norwegia (NORAD) itu di Indonesia didukung antara lain oleh Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO).(*)

(T.M040/ANT)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2011