London (ANTARA News) - Penyanyi pop/opera internasional Il Divo akan menerima penghargaan "Artist of the Decade" pada ajang klasik BRIT awards di London pada 12 Mei 2011.

Seperti dikutip dari Reuters, asosiasi industri rekaman Inggris BPI menambahkan pada Senin (4/4) bahwa kelompok itu, yang terdiri dari empat penyanyi asal Prancis, AS, Spanyol dan Switzerland, akan menyanyikan sebuah lagu baru pada acara penghargaan itu di Royal Albert Hall.

Menurut keterangan laman resmi grup itu, Il Divo, membangun identitasnya di televisi yang berada di bawah naungan produser musik Simon Cowell di perusahaan rekaman Syco, telah menjual lebih dari 25 juta kopi album sejak karya karyanya berada di rak-rak toko musik di tahun 2004.

"Ancora" yang merupakan judul album kedua grup itu, bertengger di peringkat 1 pasaran AS yang menjadi kunci sukses, dan menjadi satu-satunya album musik klasik yang pernah menembus peringkat 200 teratas chart Billboard.

"Ketika kami bergabung dengan II Divo tak satu pun dari kami memperoleh hal seperti ini sebelumnya," kata salah satu personil grup itu, David Miller.

"Kami tertarik untuk keluar dari akar tradisional kami dan meciptakan sesuatu yang baru ... tampil dan rekaman adalah apa yang kami cintai, tetapi menerima penghargaan ini adalah sebuah kehormatan yang besar,"

Penghargaan klasik BRIT diadakan pertama kali pada tahun 2000 untuk mengenali semua jenis musik klasik mulai dari tradisional hingga lintas generasi.
(*)

Pewarta: Yudha Pratama Jaya
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2011