Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Andi Mallarangeng mengatakan hingga saat ini segala persiapan SEA Games ke-26 yang akan digelar November mendatang sudah mengalami kemajuan sesuai jadwal yang direncanakan.

"Persiapannya sudah berjalan sesuai jadwal baik penyelenggaraannya maupun penyelenggaraan kegiatan pengorganisasian," kata Andi usai rapat di Kemenko Kesra tentang persiapan pnyelenggaraan SEA Games dan Paragames 2011 di Jakarta, Selasa.

Dalam rapat tersebut tiga hal yang dibicarakan yaitu mengenai sukses penyelenggaraan baik dari tuan rumah di Jakarta, Sumatera Selatan maupun tuan rumah Paragames di Semarang.

Selain itu juga dibicarakan sukses prestasi dan sukses mendorong perekonomian masyarakat.

Terkait persiapan sarana pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara itu, Menpora menyatakan semua berjalan sesuai kemajuan yang diharapkan yaitu ada yang lebih cepat dari jadwal namun ia mengakui masih ada sekitar lima persen kekurangan.

"Semuanya bisa selesai tepat waktu paling tidak Juli atau paling lambat Agustus sudah selesai dan dapat diuji coba," tambah Andi.

Mengenai penyelenggaraan kegiatan pengorganisasian sudah berjalan dimana padqa 25 April mendatang akan diluncurkan 200 hari "Countdown" menuju Sea Games.

Sementara menjelang seratus hari kegiatan tersebut akan digelar kirab obor.

Disamping itu, juga dibutuhkan 15.000 sukarelawan untuk melayani para tamu peserta pesta olahraga terutama para pelajar yang mampu berbahasa Inggris.

Pada SEA Games kali ini, Indonesia menargetkan menjadi juara umum meskipun diakui andi bahwa untuk meraih prestasi tersebut cukup berat.

"Kita pasang target dulu dan kita usahakan dengan kerja keras, hasilnya kita lihat saja nanti," ujar Andi.(*)
(T.D016/A025)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2011