Semarang (ANTARA News) - Pemegang gelar Super Champions kelas bulu WBA, Chris John, memasuki program penstabilan berat badan dalam persiapan menghadapi penantangnya, Daud "Cino" Yordan, di Kemayoran, Jakarta, pada 17 April 2011.

"Sisa waktu yang sekitar 11 hari ini dimanfaatkan untuk menjaga kestabilan berat badan," kata petinju dengan rekor bertarung 44 kali menang (22 di antaranya dengan KO) dan dua kali seri, ketika dihubungi dari Semarang, Rabu.

Menurut dia, program penstabilan berat badan tersebut dilaksanakan saat ia sudah berada di Jakarta menjelang pertarungan.

"Pada 9 April mendatang, rencananya saya sudah berada di Jakarta untuk persiapan naik ring melawan Yordan," kata Chris John yang sudah 13 kali mempertahankan gelarnya sejak merebutnya dari petinju Kolombia, Oscar Leon, di Bali, pada Oktober 2003.

Petinju asal Kabupaten Banjarnegara, Jateng, tersebut, mengatakan, selama berada di Jakarta, dirinya tidak melakukan latihan dengan keras meskipun waktunya tinggal delapan hari saja.

"Latihan keras sudah saya jalani saat berada di Sasana Hery`s Gym di Perth, Australia, dan Sasana Mirag Boxing, Banyuwangi, Jawa Timur, sehingga di Jakarta tinggal menjaga kondisi fisik dan berat badan saja," kata suami mantan atlet wushu Jawa Tengah, Anna Maria Megawati tersebut.

Selama di Jakarta, Chris John dengan penantangnya, Daud Yordan, petinju asal Kalimantan Barat, menjalani sejumlah kegiatan menjelang pertarungan itu, mulai dari tes kesehatan, acara timbang badan, hingga temu wartawan.

Saat ini Chris John yang terakhir kali mempertahankan gelar dengan menang angka mutlak atas petinju Argentina Fernando Saucedo di Jakarta, 5 Desember 2010 tersebut, masih menjalani latihan di Sasana Mirah Boxing Banyuwangi pimpinan Zaenal Thayeb (yang juga mantan promotornya).

Sebaliknya Daud Yordan, petinju yang kini menempati peringkat kelima kelas bulu WBA, juga masih menjalani latihan di Kalimantan Barat (di sasananya) dan dia kemungkinan juga sudah berada di Jakarta sepekan sebelum pertarungan.

Pertarungan melawan Daud Yordan tersebut merupakan pertarungan ke-14 bagi ayah dua putri (Maria Luna Ferisha dan Maria Rosa Christiani) dalam rangka mempertahankan gelarnya yang dipegang selama delapan tahun terakhir ini.

Dalam 13 pertarungan sebelumnya itu, Chris John melaluinya dengan melakukan tarung wajib atau "mandatory fight" sebanyak lima kali dan pertarungan pilihan atau "choice" delapan kali.
(*)

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2011