Kendari (ANTARA News) - Puluhan umat Budha di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), Minggu malam melaksanakan ibadah menyambut tahun baru Imlek di Vihara Tekad Maitreya.

Pandita Sasanawati, pemimpin ibadah, dalam ceramahnya mengajak umat Budha untuk mendoakan langit dan bumi, para pemimpin bangsa Indonesia, kedua orang tua, serta para guru.

"Kita berdoa semoga Tuhan Yang Maha Esa akan selalu melimpahkan rahmat-Nya pada langit dan bumi, para pemimpin bangsa dan negara senantiasa diberi kekuatan untuk menjalankan tanggung jawab mereka," ujarnya.

"Begitu pun kedua orang kita bisa selalu diberi kekuatan dan ketabahan untuk mencari nafkah, serta guru agar selalu menjalankan tugasnya sebagai pengajar yang patut diteladani," ujarnya lagi.

Sebelum mengakhiri khotbahnya, Pandita Sasanawati mengajak umat Budha untuk memohon ampun pada Tuhan Yang Maha Esa. "Agar manusia di dunia ini dijauhkan dari bencana dan malapetaka. Kita berdoa untuk semua manusia tanpa memilih mana yang kita cintai dan yang kita benci. Tidak baik membenci pada sesama maupun merasa dendam," ujarnya.

Sasanawati menghimbau umat Budha agar jangan meremehkan tugas dan tanggung jawab."Seorang pendosa besar, bila tidak mau bertanggung jawab atas keselamatan bumi seperti halnya membuang sampah sembarangan yang bisa mengakibatkan banjir hingga merepotkan banyak orang," ujarnya.

Usai ibadah, Pandita Sasanawati mengatakan kepada ANTARA, perayaan Tahun Baru Imlek kali ini mengusung tema, "Cintailah Bumi Ini."

"Andaikata bumi ini sebagai rumah kita rusak, maka kita akan tinggal di mana. Intinya, bumi harus kita sayangi dan untuk itu kita harus mulai dari diri masing-masing.(*)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2009