Jakarta, 6/4 (ANTARA) - Mahindra Wondowisastro atau dikenal dengan nama Rob Rama Rambini, berharap menjadi orang Indonesia pertama yang berlayar seorang diri (solo) dari California, AS menuju Bali, Indonesia. Dengan kapal layarnya yang diberi nama Kona, Rama memulai pelayaran sejak 8 Mei 2010, dari Oakland " California melalui Samudera Pasifik, melewati Kepulauan Polinesia, melintasi selatan Papua New Guinea. Hingga 22 Maret 2011, Rama telah sampai di perairan Flores, dan tiba di Dermaga Bali Marina Benoa pada 2 April 2011, disambut langsung oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata (Menbudpar) Ir. Jero Wacik, SE.

     Misi pelayaran Rama memberi nilai positif bagi promosi wisata Indonesia, untuk memperlihatkan kepada dunia posisi Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia yang sangat potensial untuk bisa berkembang menjadi destinasi wisata berlayar (maritim) kelas dunia.

     Atas keberhasilan Rama melakukan pelayaran tersebut, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata (Kemenbudpar) ikut memfasilitasi pemberian rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) kepada Rama sebagai: Orang Indonesia Pertama yang Berlayar Seorang Diri dari California ke Bali.

     Kemenbudpar sangat bangga dengan usaha yang dilakukan Rama. Pelayaran spektakuler ini merupakan momen penting tidak hanya bagi komunitas sailing, namun juga menumbuhkan semangat nasionalisme bagi putra-putri Indonesia. Selain itu, prestasi Rama juga akan menumbuhkan minat bagi para pelayar dunia untuk melakukan perjalan wisata sailing ke Indonesia.

     Turut hadir mendampingi Menbudpar Jero Wacik dalam penyambutan kedatangan Rama, ialah Direktur Jenderal Pemasaran Pariwisata Sapta Nirwandar, Direktur Jenderal Pengembangan Destinasi Pariwisata Firmansyah Rahim, dan para Pejabat Eselon Satu Kemenbudpar, serta para undangan dari Pemerintah Daerah setempat.

     Untuk keterangan lebih lanjut silakan menghubungi Ka. Pusformas Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata.

 

Pewarta: Adityawarman
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2011