Banda Aceh (ANTARA News) - Rektor Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh Darni M Daud menyatakan pihaknya memberi dispensasi kepada 72 SMA daftar hitam (black list) di Provinsi Aceh, sehingga lulusan sekolah itu bisa mengikuti jalur undangan masuk universitas (USMU).

"Kami memberi kesempatan kembali kepada puluhan sekolah itu untuk mengirim siswanya melalui jalur USMU pada penerimaan mahasiswa tahun akademik 2011-2012," katanya di Banda Aceh, Kamis.

Darni yang didampingi Pembantu Rektor I Unsyiah, Samsul Rizal mengatakan pemberian kesempatan tersebut merupakan sebuah kepercayaan kepada semua sekolah agar tidak melakukan kecurangan dalam mengirim setiap siswa.

"Kami tidak ingin selalu memberi hukuman, tetapi harus ada sebuah pembelajaran, salah satunya memberi kesempatan untuk memperbaiki agar tidak melakukan kesalahan yang sama," katanya.

Penerimaan seleksi jalur USMU tidak hanya menggunakan konsistensi nilai rapor sejak kelas 1-kelas 3 (Semester 1) sekolah menengah yang diusulkan, tetapi juga Tes Penjajakan Bidang Ilmu (TPBI) bagi calon mahasiswa yang akan masuk PT melalui jalur USMU.

"Artinya, kami punya nilai pembanding dan ukuran kemampuan yang dimiliki setiap siswa yang dikirim melalui jalur USMU oleh masing-masing sekolah," katanya.

Pihaknya berharap, semua sekolah di provinsi paling ujung pulau sumatera itu dapat mengirim siswa melalui jalur USMU sesuai dengan kemampuan yang dimiliki setiap calon mahasiswa tersebut.  (IFL*BDA1/S019/K004)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2011