Palu (ANTARA News) - Sebanyak dua peleton pasukan Brimob dari Kompi Ampana dan Kompi Poso tiba di Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, Minggu siang, guna mengantisipasi kericuhan susulan.

Pada Sabtu malam (9/4), massa pendukung Ma`mun Amir/Faisal Mang menyerang calon Wakil Bupati Banggai Herwin Yatim saat berada di Bandara Syukuran Aminuddin Amir. Massa penyerang menduga sosok yang dukung  dicurangi dalam penghitungan suara.

"Meski kondisi Luwuk saat ini relatif kondusif, aparat kepolisian tetap disiagakan di sejumlah lokasi, seperti di Kantor KPU Banggai dan Bandara Syukuran Aminuddin Amir," kata Kapolda Sulawesi Tengah Brigjen Pol Dewa Parsana di Luwuk.

Dewa Parsana juga telah berdialog dengan peserta Pilkada Banggai dan sejumlah tokoh masyarakat guna meminta menyelesaikan segala masalah dengan kepala dingin.

"Jika ada masalah hukum, biarlah polisi yang menanganinya," katanya.

Sementara itu, calon Bupati Banggai Sofyan Mile meminta aparat hukum bertindak tegas terhadap siapa saja yang melakukan tindakan kekerasan pascapemungutan suara 6 April 2011.

"Aparat harus adil tanpa pandang bulu dalam menegakkan hukum," kata Sofyan Mile.

Mantan anggota DPR RI itu menyangkal bahwa dirinya dan pasangannya, Herwin Yatim, akan menurunkan ribuan orang untuk mengawal penghitungan suara di KPU Banggai.

"Kami tenang-tenang saja menunggu pleno KPU," katanya.

Berdasarkan penghitungan suara, Sofyan Mile/Herwin Yatim masih memimpin perolehan suara sebanyak 38 persen dari 241.560 suara.

Pasangan Sofyan Mile/Herwin Yatim diusung oleh Partai Golkar, PDI Perjuangan, Partai Damai Sejahtera, dan Partai Gerindra.

Sementara pasangan Ma`mun Amir/Faizal Mang yang mendaftar melalui jalur perseorangan saat ini berada di urutan kedua perolehan suara sementara sebanyak 34 persen.

Beberapa hari sebelumnya, kedua massa pendukung Ma`mun Amir/Faizal Mang dan Sofhian Mile/Herwin Yatim mendatangi KPU Banggai.

Mereka menyatakan dirinya sebagai pemenang pilkada sesuai dengan data penghitungan suara yang dimiliki masing-masing.

Pilkada Banggai yang berlangsung pada 6 April 2011 diikuti enam pasangan, yakni Zulkifli Ridwan J. Niode/Sudarman Lanusi, Fuad Muid/Henry Ombong, Ma`mun Amir/Faizal Mang, Syukri Agama/Manan Suprayogi, Musdar Amin/Abdul Haris Hakim, dan Sofhian Mile/Herwin Yatim.

Pemilih yang tercatat dalam daftar pemilih tetap berjumlah 241.560 orang yang tersebar di 669 tempat pemungutan suara.
(R026/Z003)

Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2011