Sepang, Malaysia (ANTARA News/AFP) - Pembalap Inggris Lewis Hamilton dikenai penalti pengurangan waktu 20 detik karena dalam mempertahankan posisinya dari kejaran Alonso dia melakukan pergerakan lebih dari satu kali dalam balapan seri GP Malaysia yang diadakan pada Minggu.

Penalti itu membuat Hamilton harus turun posisi dari tempat ketujuh menjadi kedelapan, sehingga dengan demikian pembalap Jepang Kamui Kobayashi yang mengendarai Sauber naik satu posisi ke tempat ke tujuh, berganti tempat dengan Hamilton.

Pembalap McLaren itu dan juara dunia dua kali dari Spanyol Fernando Alonso yang mengendarai Ferrari dipanggil oleh pengawas perlombaan menyusul serempetan yang terjadi sewaktu mereka bertarung untuk memperebutkan tempat ketiga di putaran ke-46 balapan itu.

Alonso terlihat menyerempet mobil McLaren Hamilton sehingga membuat sayap depan mobilnya menjadi rusak.

Sayap depan sebelah kiri mobil Alonso menyentuh ban belakang sebelah kanan mobil Hamilton sehingga kedua pembalap terpaksa harus masuk pit stop tambahan untuk memperbaiki mobil masing-masing.

Akibatnya pembalap Ferrari itu harus puas finish di tempat keenam dan Hamilton tercecer di tempat ketujuh.

Alonso juga dikenai penalti 20 detik karena menyebabkan terjadinya senggolan itu, tetapi karena Hamilton juga terkena hukuman yang sama maka penalti yang dikenakan terhadapnya tidak berpengaruh pada posisi akhirnya di balapan.(*)

(H-OKS/A020)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2011