Washington (ANTARA News) - Perekonomian global menguat dengan baik pada 2011 tetapi risiko ke arah penurunan sedang meningkat, terutama dari lonjakan harga minyak, Dana Moneter Internasional mengatakan Senin.

IMF mengatakan prakiraan ekonomi dunia terbarunya "sedikit berubah" dari `update` (diperbaharui) Januari: pertumbuhan global 4,4 persen pada 2011, sedikit turun dari 5,0 persen pada 2010, demikian AFP melaporkan.

"Pemulihan ini menjadi solid, namun pengangguran tetap tinggi," kata IMF dalam laporan dua kali setahun `World Economic Outlook`.

Sebuah pemulihan dua kali kecepatan dari resesi global 2009 diharapkan terus berlanjut, dengan emerging-market dan negara-negara berkembang ekspansi 6,5 persen, dan negara maju hanya menghimpun pertumbuhan 2,4 persen.

"Risiko ke arah penurunan utama untuk pertumbuhan berkaitan dengan potensi harga minyak melonjak lebih lanjut karena gangguan pasokan," IMF memperingatkan.

Para ekonom IMF menyatakan keprihatinan tentang pengangguran yang tinggi, mencatat bahwa 205 juta orang di seluruh dunia sedang mencari pekerjaan, naik sekitar 30 juta sejak 2007.

"Pertumbuhan belum cukup kuat untuk banyak mengurangi tingkat pengangguran yang tinggi," kata lembaga yang berbasis di Washington. (A026/A027/K004)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2011