Jakarta (ANTARA News) - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) mengharapkan Badan Usaha Milik Negara bisa membantu menciptakan wirausahawan muda, sehingga mampu menciptakan lapangan pekerjaan yang pada akhirnya mengurangi pengangguran.

"Saya berharap dana yang dimiliki BUMN bisa digunakan untuk menciptakan wirausahawan mengingat BUMN memiliki kapasitas besar untuk membantu," kata Ketua Umum Badan Pengurus Pusat HIPMI Erwin Aksa kepada pers, di Istana Wakil Presiden Jakarta, Kamis.

Hal tersebut disampaikan usai bersama pengurus HIPMI bertemu dengan Wakil Presiden Boediono melakukan audiensi terkait rencana HUT HIPMI yang akan berlangsung di Bandung, Jawa Barat, Juni 2011.

Menurutnya, HIPMI minta dukungan Wapres agar bisa mendorong BUMN meningkatkan kapasitasnya dan memiliki kewajiban menciptakan wirausahawan muda.

"Saya berharap Wapres tekankan kepada BUMN agar bisa membina dan ciptakan pengusaha baru dan BUMN punya kemampuan mengingat punya kapasitas yang besar," katanya.

Dalam pertemuan tadi juga disampaikan rencana peresmian HIPMI perguruan tinggi oleh Wakil Presiden pada Juni 2011 di Bandung.

HIPMI perguruan tinggi diharapkan bisa mencetak wirausahawan muda yang potensial dengan harapan bisa menciptakan lapangan pekerjaan.

"Selama ini begitu mahasiswa lulus maka mereka mencari kerja. Tapi kami mengharapkan mereka justru bisa menciptakan lapangan pekerjaan," katanya.

Kunjungan Wapres ke Bandung pada Juni 2011, diharapkan pula bisa meningkatkan kampanye kewirausahawan muda yang unggul dan berkualitas melalui HIPMI perguruan tinggi, kata Erwin.(*)
(T.A025/S004)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2011