Moskow (ANTARA News) - Petenis juara Grand Slam dua kali Svetlana Kuznetsova membawa Rusia unggul 2-0 atas Italia pada semifinal Piala Fed, Sabtu, setelah mengalahkan Roberta Vinci 6-2, 6-7 (4/7), 6-1.

Petenis berusia 25 tahun Kuznetzova memenangi pertandingan itu dalam waktu satu jam 58 menit untuk mengamankan keunggulan yang meyakinkan Rusia atas juara bertahan Piala Fed, Italia.

Kuznetzova yang jauh lebih berpengalaman memulai pertandingan dengan rasa percaya diri tinggi dan langsung melakukan "break" sehingga dengan mudah unggul 3-1 pada set pertama yang kemudian dengan mudah dia selesaikan dalam waktu hanya 25 menit, demikian AFP melaporkan.

Pada set kedua Vinci (28) bangkit dan berhasil dua kali mencuri poin dari servis Kuznetsova sehingga dia sempat unggul 4-1, namun Kuznetsova dapat membalas dengan melakukan "break" pada game kesembilan sehingga dapat menyamakan kedudukan menjadi 5-5.

Pada saat "tiebreak", Vinci yang tinggal di Palermo itu mendominasi dan dapat menyamakan kedudukan pertandingan tersebut setelah 90 menit berada di lapangan.

Tapi pada set penentuan, Kuznetsova mengendalikan permainan secara penuh dengan langsung memimpin 5-0 dengan dua kali melakukan "break", sebelum akhirnya set dan pertandingan itu dan memberi Rusia keunggulan 2-0 dalam semifinal piala Fed itu.

Dalam pertandingan sebelumnya, petenis peringkat tiga dunia Vera Zvonareva juga telah membuat Rusia unggul 1-0 setelah mengalahkan Sara Errani 6-0, 6-2.

Zvonareva (26) menang hanya dalam waktu 56 menit atas Errani sehingga dia berhasil mencatatkan kemenangan keempatnya atas lawannya itu dalam beberapa kali pertemuan mereka.

Kedua pertandingan dilangsungkan di lapangan tanah keras arena tertutup Megasport, Moskow.

Babak semifinal ini akan dilanjutkan dengan dua pertandingan tunggal lagi, dimana masing-masing pemain akan bertukar lawan, dan diakhiri dengan pertandingan ganda yang akan diadakan pada Minggu.  (OKS/I015/K004)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2011