Jakarta (ANTARA News) - Sisi sensasi dari nonton "layar tancep" yang berkonsep mudah dan murah bakal dikenalkan kepada penonton cilik yang diundang dalam festival film internasional untuk anak-anak dan remaja, KidsFfest, yang dimulai Jumat (22/4) di Pacific Place Mall, Jakarta Selatan.

Perhelatan itu bertujuan memunculkan kesadaran akan keragaman budaya di antara anak-anak selain untuk memberi hiburan khusus untuk para penonton cilik. Dan Yayasan Kalyana Shira memprakarsai jagat dari nonton layar tancep bersama anak-anak itu.

"Festival film untuk anak ini kembali digelar dengan misi memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk menonton film anak-anak dari mancanegara dan dari situ diharapkan muncul diskusi tentang keragaman budaya," kata Event manager KidsFfest, Adella Fauzi Adella di Jakarta, Senin (18/4).

Dalam ajang yang berlangsung pada tanggal 22, 23, 24, 29, 30 April dan 1 Mei mendatang itu KidsFfest akan menampilkan 15 judul film yang terdiri dari 14 film asing dan satu film Indonesia.

Mayoritas film asing diperoleh berkat kerja sama dengan institusi dari beberapa negara seperti Belanda, Jerman, Norwegia, Denmark, Polandia, Swedia, India, dan Jepang.

Ia juga mengungkapkan misi festival film untuk-untuk anak-anak berusia 6 hingga 12 tahun itu memang untuk memantik kesadaran akan keragaman budaya di antara anak-anak selain untuk memberi hiburan khusus untuk para penonton cilik tersebut.

Untuk menonton film itu caranya cukup mudah dan murah karena pemutaran film itu hanya berlangsung di dua lokasi di dalam Pacific Place Mall, yakni di di bioskop Blitzmegaplex dan Lobi Selatan. Jika di Blitzmegaplex penonton dikenakan biaya hanya Rp 25.000 maka di Lobi Selatan penonton dapat menikmati film secara gratis dalam konsep 'Layar Tancep'.

Sementara itu di setiap hari festival akan diputar rata-rata enam film yang dimulai sejak pukul 12 siang hingga pukul 8 malam. Dari enam film itu, empat film disajikan di Blitzmegaplex dan dua film disajikan di Lobi Selatan.

Sebagai film pembuka akan diputar film berjudul 'Kung Fu Kid' dari Jepang dan ditutup oleh film 'The Magic Tree' dari Polandia. Mewakili Indonesia akan ditayangkan film berjudul 'Tanah Air Beta'.

Festival film anak KidfFest sendiri telah dua kali di adakan yakni pada 2009 dan 2010.Bagi mereka yang ingin mendapatkan informasi lebih rinci tentang festival itu bisa mengakses www.kidsffest.org.
(Ber)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2011