Barcelona (ANTARA News/AFP) - Juara lima kali Rafael Nadal tidak menghadapi kesulitan untuk meraih kemenangan 6-1, 6-1 atas sesama petenis Spanyol Daniel Gimeno-Traver saat raja lapangan tanah liat itu kembali bermain di Barcelona Terbuka, Rabu.

Nadal mengukir rekor menang-kalah dia pada musim ini menjadi 25-4, hanya 72 jam setelah mengalahkan rekan senegaranya David Ferrer untuk merebut gelar tujuh kali beruntun yang bersejarah di turnamen Monte Carlo.

Petenis nomor satu dunia itu sudah mengoleksi 30 gelar turnamen lapangan tanah liat dan saat ini sedang mengincar gelar yang dia menangi pada 2009 saat dia merebut gelar untuk kelima kalinya di Real Club de Tenis itu. Prestadi gemilang dia terganggu pada tahun lalu saat dia absen pada turnamen itu karena sedang dalam perawatan cedera lututnya.

Kini Nadal hanya membutuhkan 55 menit untuk melangkah ke babak ketiga dan akan menghadapi petenis asal Kolombia Santiago Giraldo, yang menang atas Albert Ramos 6-3, 4-6, 6-3.

Nadal yang unggulan teratas itu hanya pernah menelan satu kali kekalahan di ibukota Katalan tersebut dan meraih 25 kali kemenangan.

Sementara itu, finalis Monte Carlo Masters David Ferrer memulai turnamen dengan sebuah kemenangan 6-2, 6-2 atas petenis Argentina Carlos Berlocq.

Ferrer sebelumnya sudah mencapai semifinal atau lebih baik lagi di Barcelona pada empat tahun terakhir ini.

Dia memiliki catatan menang-kalah 22-5 pada musim ini dan kini akan menghadapi Victor Hanescu dari Rumania, yang mengalahkan unggulan ke-14 asal Afrika Selatan Kevin Anderson 6-4, 6-4.

Sementara itu petenis Spanyol lainnya yang juara turnamen 2001 Juan Carlos Ferrero maju ke babak ketiga setela mencatat kemenangan 6-4, 7-5 atas Mischa Zverev asal Jerman.

Petenis Jerman itu menggantikan Andy Murray di babak utama setelah petenis peringkat empat dunia itu mundur karena cedera siku yang dia alami ketika di Monte Carlo pekan lalu.

Ferrero tampil untuk pertama kalinya sejak AS Terbuka setelah menjalani operasi pada pergelangan tangan dan lututnya Oktober lalu.

Ferrero akan menghadapi ujian lainnya pada pertandingan Kamis melawan petenis Italia peringkat 186 Simone Vagnozzi, yang menumbangkan unggulan ke-16 Juan Monaco 6-3, 6-2.

Pada pertandingan lain, unggulan 11 asal Spanyol Albert Montanes mengalahkan petenis Prancis Benoit Paire 6-7 (3/7), 6-1, 6-4, sementara petenis Jepang Kei Nishikori menundukkan Rui Machado 6-1, 6-4.(*)
(Uu.I015/Z002)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2011