Jakarta (ANTARA News) - Pimpinan MPR akan bertemu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Kamis pukul 11.00 di Kantor Kepresidenan. Dalam pertemuan tersebut pimpinan MPR akan mengundang Presiden SBY menyampaikan pidato pada peringatan lahirnya Pancasila 1 Juni 2011.

Wakil Ketua MPR RI Lukman Hakim Saefuddin kepada antaranews.com di Jakarta, Kamis, mengatakan, selain pidato dari Presiden SBY, MPR juga memberi kesempatan kepada semua mantan Presiden Indonesia untuk juga menyampaikan pidatonya soal Pancasila.

"MPR RI juga akan mengundang semua mantan Presiden RI untuk berpidato dalam peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni nanti," katanya.

Lukman juga menghimbau Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Kepala Kegara agar melakukan upaya internalisasi nilai-nilai luhur bangsa seperti Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika yang merupakan jatidiri bangsa lebih diintensifkan lagi penerapannya.

"Diperlukan institusionalisasi (pelembagaan) penanaman nilai-nilai Pancasila, kesadaran berkonstitusi (UUD), NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika pada diri setiap anak bangsa secara lebih sistematis, terstruktur, dan massif," demikian disampaikan Lukman Hakim .
(zul)

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Bambang
COPYRIGHT © ANTARA 2011