Jakarta (ANTARA News) - Para perempuan Indonesia yang ingin menjadi pengusaha kini bisa menimba ilmu di Women Entrepreneurship Academy (WEA) yang didirikan oleh pengusaha DR. BRA. Mooryati Soedibyo.

R.A Kartini dikenal atas jasanya yang membuat para perempuan Indonesia bisa mengenyam pendidikan di bangku sekolah. Mooryati pun tak mau ketinggalan untuk memberikan pendidikan bagi perempuan Indonesia dengan mendirikan Women Entrepreneurship Academy.

"Ini adalah suatu 'follow up' apa yang sudah dilakukan oleh ibu Kartini. Salah satunya adalah acara hari ini pendaftaran Women Entrepreneurship Academy. Suatu ajang yang mengajarkan pendidikan non-degree," kata mantan wakil ketua MPR itu saat peluncuran pendaftaran perdana WEA di Aula Sasono Wiwoho Jl. Ki Mangunsarkoro 69, Menteng, Jakarta, Kamis (21/4).

Sasarannya mencetak perempuan Indonesia yang berkarakter, dan memiliki pribadi jujur, bertanggung jawab, inovatif, kreatif, produktif, memiliki kepedulian sosial dan lingkungan, memiliki motivasi berprestasi, serta mampu bekerja sama.

Mooryati mengatakan untuk menjadi entrepreneurship yang sukses tidak selalu harus melewati pendidikan yang tinggi, para pengusaha berhasil karena mereka memiliki impian dan cita-cita. Untuk merealisasikan impian dan cita=cita itu mereka menggunakan keterampilan yang mereka miliki. Menurut Mooryati entrepreneurship bukan bakat tetapi bisa dilatih dan dipelajari.

Program pendidikan non-gelar di WEA terbagi menjadi empat kategori, yaitu program pemula, program madya untuk perempuan yang sudah berwirausaha, program intenasional dan program pendidikan khusus. Metode pembelajarannya adalah "learning methodology" (Gagne).

Metode itu menitikberatkan pada peran serta peserta pendidikan berdasarkan pengalaman, stimuli dalam kondisi kerja dan resppon peserta dalam mengelola perusahan yang nyata. Peserta tak hanya belajar di kelas tetapi juga harus praktek. Ijazah tidak akan diberikan bila saat praktek peserta tidak bisa membuktikan diri sebagai pengusaha.

Program pemula dan madya berlangsung selama enam bulan, sementara pendidikan khusus berlangsung selama tiga hari dan enam hari. Sertifikat kelulusan berupa "Certificate of International Entrepreneurship", program yang diakui oleh World Entrepreneurship Forum. Pengajar tidak hanya datang dari kalangan pendidikan tetapi juga dari kalangan pengusaha yang sudah berpengalaman di bidangnya.

Bagi anda yang tertarik untuk belajar menjadi pengusaha bisa langsung mendaftar ke Women Entrepreneurship Academy di Wisma Iskandarsyah Jl. Iskandarsyah Raya Kav 12-14 Jakarta. Pendidikan akan di mulai pada 21 Juli 2011.

(ENY/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2011