St. Petersburg (ANTARA News/RIA Novosti-OANA) - Para pembuat roti St Petersburg,Rusia, Minggu merayakan Paskah dengan membuat kue Paskah Rusia seberat tiga ton, yang dikenal sebagai kulich, saat perayaan dilangsungkan di selatan kota itu.

Kulich, kue berlapis dipanggang berdasarkan resep yang mirip dengan Panettone Italia, membuat bagian penting dari makan malam Paskah Rusia, bersama dengan telur berwarna dan paskha - yang dibuat dari keju dicampur dengan kacang-kacangan serta manisan buah-buahan.

"Menurut panitia, kulich ini akan menjadi kulich terbesar di dunia. Yaitu berukuran dua puluh meter dan berat tiga metrik ton," kata pihak penyelenggara.

Pada Minggu, orang Rusia merayakan Paskah, hari raya Kristen yang paling penting dan menyenangkan ketika gereja memperingati Kebangkitan Yesus Kristus.

Pada tahun ini, hal itu diperingati oleh kaum Ortodoks Timur, Katolik, gereja-gereja Protestan dan Anglikan Rusia pada hari yang sama, yang kadang-kadang terjadi meskipun gereja-gereja menggunakan kalender yang berbeda.(*)

(Uu.H-AK/A011)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2011