Jakarta (ANTARA News) - Pebalap Sean Gelael merupakan satu-satunya peserta dari Asia yang akan tampil pada Kejuaraan "CIK FIA North European KF-2" yang berlangsung di Sirkuit PF-Internastional, Gratham, sekitar 39 km timur Nottingham, Inggris, akhir minggu ini.

Dalam susunan peserta entry by name seperti disiarkan dalam laman badan karting dunia (cik fia.com), Selasa, dicantumkan sebanyak 61 peserta yang akan tampil pada kejuaraan penyisihan karting Eropa itu dan Sean Gelael tercantum pada urutan terakhir ke-61.

Pada peserta berdatangan dari seluruh negara Eropa, di antaranya Denmark, Finlandia, Irlandia, Inggris, Rusia, Belgia, Polandia, Belanda dan beberapa lainnya. Sedangkan peserta dari Indonesia (IND) tercantum nama Sean Gelael, pebalap nasional belia yang baru berusia 14 tahun. Sean adalah juara karting Asia dan nasional 2010.

Sebanyak 34 peserta akan diambil dalam kejuaraan penyisihan Eropa wilayah Utara ini dan sejumlah sama dari babak penyisihan wilayah Selatan dan akan tampil pada Kejuaraan Eropa yang berlangsung 21-24 Juli 2011 di Zuera, Spanyol.

Dalam kejuaraan di lintasan Gratham yang panjangnya 1. 230 meter dan luas delapan meter itu, Sean akan menggenjot kendaraan karting dengan casis FA Kart dan mesin Vortex sedangkan bannya sama dengan semua peserta lain, Vega.

Kegiatan kejuaraan itu sudah dimulai Rabu dengan latihan dan pemeriksaan mesin disusul latihan berikutnya Kamis dan keesokan harinya merupakan penyisihan untuk membagi peserta ke jenjang perlombaan babak final dan prafinal Minggu (1/5).

"Sean butuh jam terbang lebih banyak sebelum melangkah ke jenjang kejuaraan lainnya," kata Ricardo Gelael, ayah Sean beberapa hari lalu, tentang putranya yang dijadwalkan mengikuti kejuaraan formula mulai musim mendatang.

Ketika pertama kali menyicipi perlombaan karting Eropa, Sean langsung terjun pada kejuaraan dunia di Zuera, Spanyol, 19 September 2010, dan berhasil menempati urutan ke-20 pada final kedua atau urutan ke-51 pada overall dari 120 atlet yang berkompetisi.

Kemudian ia tampil lagi pada Kejuaraan Piala Bridgestone di South Garda, Leonato, utara Italia, 22-24 Oktober 2010 dan mampu bersaing dengan para perserta yang berdatangan dari berbagai kota Eropa.

Sean dijadwalkan mengikuti 18 kejuaraan karting Eropa dan Asia pada musim ini, diselingi dengan test formula BMW dan sebelum tampil di Inggris, ia sudah mengikuti tiga kejuaraan di Italia bulan lalu.
(A008)

Editor: Bambang
COPYRIGHT © ANTARA 2011