Jakarta (ANTARA News) - Indonesia memastikan satu tempat di final India Terbuka Super Series setelah dua ganda campuran Merah Putih bertemu di semifinal, Sabtu.

Pasangan unggulan ketujuh Muhammad Rijal/Debby Susanto lebih dulu maju ke semifinal turnamen berhadiah 200.000 dolar AS itu setelah pada perempat final turnamen yang berlangsung di New Delhi, Jumat, mengalahkan pasangan Jepang Shoji Sato/Shizuka Matsuo 21-8, 15-21, 21-19.

"Tadi game kedua saya salah, mengubah pola permainan, jadi berbalik mereka yang mengatur permainan," kata Rijal mengenai game kedua yang direbut lawan.

Pada semifinal, Rijal/Debby akan menghadapi sesama ganda Pelatnas unggulan keempat Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir yang memenangi duel sesama pasangan Indonesia dengan Nova Widianto/Vita Marissa 17-21, 21-12, 21-9.

"Bertemu teman sendiri kami tetap akan bermain normal saja. Yang jelas siapa pun yang menang Indonesia sudah meraih satu tempat di final," tambah Rijal.

Pasangan Fran Kurniawan/Pia Zebadiah juga maju ke babak empat besar setelah unggulan ketiga itu menyisihkan Maneepong Jongjit/Savitree Amitapai dari Thailand dengan kemenangan 21-15, 21-10.

Mereka akan memperebutkan satu tempat di final dengan unggulan kelima asal Malaysia Chan Peng Soon/Goh Liu Ying yang menang atas unggulan kedua dari Thailand Songphon Anugritayawon/Kunchala Voravichitchaikul 21-13, 21-16.

Pasangan Fran/Pia memenangi ketiga pertemuan sebelumnya melawan ganda campuran Malaysia tersebut dengan pertemuan terakhir di Malaysia Super Series Januari lalu.

Jika mereka menang lagi di India, Indonesia akan dipastikan meraih gelar ganda campuran karena menggelar final antar pasangan Indonesia.

Sementara itu, pada nomor tunggal, Indonesia tidak lagi mempunyai wakil setelah satu-satunya yang tersisa, Taufik Hidayat, tersisih setelah pemain unggulan kedua itu dikalahkan unggulan keenam asal Korea Park Sung Hwan 17-21, 17-21.(*)
(T.F005/I015)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2011