Jakarta (ANTARA News) - Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta, Minggu, mulai dipadati massa aksi Hari Buruh (May Day) dari berbagai wilayah di Jakarta dan sekitarnya yang tergabung dalam Komite Aksi Jaminan Sosial (KAJS).

        Massa yang datang menggunakan bus di antaranya berasal dari Cileungsi, Bekasi, Cikarang, Karawang dan sejumlah daerah lainnya, mereka membawa beragam atribut seperti spanduk, umbul-umbul, poster dan mengenakan seragam maupun jaket masing-masing organisasi serikat pekerja, demikian pantauan ANTARA.

        Terdapat sebanyak 67 organisasi serikat pekerja yang tergabung dalam KAJS di antaranya Aspek Indonesia, Dewan Tani Indonesia, Forum Buruh Depok, Aliansi Buruh Bogor dan Aliansi Pekerja Banten.

        Mereka direncanakan akan bergerak untuk melaksanakan aksi serupa ke depan Istana Merdeka sambil menunggu massa dari daerah lain.

        Karena massa yang ratusan orang itu sudah memadati Bundaran HI, kendaraan yang melintas hanya bisa berjalan tersendat meskipun hari ini sedang diberlakukan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (Car Free Day).

        Dalam siaran persnya, menyatakan bahwa momentum May Day 2011 digunakan untuk menuntut pemerintah melaksanakan jaminan sosial nasional.

        Diperkirakan sebanyak 100 ribu demonstran akan berkumpul di Bunderan HI yang akan melanjutkan aksi di depan Istana Merdeka dan membentuk rantai manusia sebagai simbol tuntutan rakyat.

        Sekjen KAJS Said Iqbal mengatakan aksi kali ini merupakan ultimatum rakyat untuk mendesak pemerintah segera melaksanakan perintah UUD 1945 dan UU Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) dengan cara mengesahkan RUU  Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).
(*)

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2011