Jakarta (ANTARA News) - Mantan Menteri Peningkatan Produksi Negara Islam Indonesia ( BNII ) Imam Supriyanto mengakui dana NII di Bank Century pernah mencapai sekitar Rp350 miliar.

"Benar dana NII ada di Bank Century dan itu masih ada sebelum Bank Century dibekukan," kata Imam Supriyanto usai bertemu dengan.Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso di Jakarta, Senin.

Dana tersebut didepositokan sebagai bentuk jaminan untuk mengembangkan NII.

"Panji Gumilang pimpinan Al Zaitun mempunyai hubungan dekat dengan Robert Tantular, waktu itu Bank Century atau CIC merupakan money changer yang dikelola Robert Tantular. Dana itu atas nama Abu Maarif atau Panji Gumilang. Saat ini masih ada angsuran Rp1,5 miliar per bulan kepada Bank Mutiara," katanya.

Selain itu, pentolan-pentolan NII atau yang pernah aktif di NII seperti Abubakar Baasyir dan Imam Samudra memiliki latar belakang di NII.

"Ada beberapa tokoh yang berideologi NII menjadi teroris seperti Imam Samudra, Abubakar Baasyir. Keduanya aktif di NII dan berubah ideologi. Yang pasti NII tidak pernah mengajarkan kekerasan apalagi terorisme," katanya.
(zul)

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Bambang
COPYRIGHT © ANTARA 2011