Denpasar (ANTARA News) - Novel komedi bertajuk "Srondol Gayus ke Italy" karya Hazmi "Srondol" Fitriyasa yang diluncurkan di Jakarta 14 April lalu laris dan edisi perdana yang dicetak 6.000 eksemplar sudah habis di pasaran.

"Novel saya di toko-toko masuk ke kelompok rak buku yang banyak dicari. Karena stoknya habis, maka segera dicetak kembali untuk memenuhi kebutuhan pembaca," kata Hazmi Srondol dalam keterangan yang diterima ANTARA di Denpasar, Selasa.

Bukunya yang laris itu berdasarkan pengecekan di sejumlah toko buku terkemuka di sejumlah pusat perbelanjaan di seputar Jakarta hingga di Cilegon, Banten.

Lulusan Teknik Elektro Univeritas Mercu Buana itu mengaku gembira karena buah pikirannya yang umumnya bercerita tentang fakta kelucuan di masyarakat modern perkantoran tersebut, mendapatkan tempat di hati masyarakat, khususnya para penyuka cerita bergaya humor.

Novel komedi yang judulnya diangkat dari nama Gayus Tambunan, tersangka kasus penggelapan pajak, dan nama Desa Srondol, tempat asal Hazmi di Jawa Tengah itu, berkisah mengenai kelucuan-kelucuan perilaku karyawan di kantor, termasuk yang dialaminya sendiri.

Menurut penulis dengan nama asli Hazmi Fitriyasa itu, banyak hal yang menarik pada novel dalam seri buku ber-tagline "Humor Cerdas Ala Kantor" yang diterbitkan Mesem Media Publishing tersebut.

Bukan hanya cerita perjalanan yang menarik dan kocak, namun terdapat juga sisi-sisi romantis dan membuat galau Srondol saat menghadapi godaan dari seorang gadis jelita dari Venezia.

"Padahal, pada saat yang sama istri saya di Indonesia sedang hamil tua," kata penulis yang bekerja sebagai staf teknik bidang teknologi jaringan fiber optik dan backbone pada salah satu operator seluler itu.

Novel yang kata Gayus pada judulnya diberi tanda silang itu memang tidak bercerita tentang Gayus Tambunan. Nama itu masuk ke dalam bagian novel ini karena banyak yang menganggap bahwa wajah Hazmi mirip dengan Gayus Tambunan.

Hazmi, dengan gaya komedi, memaparkan anggapan teman-temannya itu dalam pembuka novel tersebut lewat subjudul Gayus Vs Srondol. Hazmi bertanya kepada sang istri, "Buk, udah tahu kasus korupsi pajak?" Si istri menjawab, "Iya tahu, 25 miliar kan?"

Ketika ditanya siapa tersangkanya, tentu si istri dengan tangkas menjawab, Gayus Tambunan yang terkenal lewat pemberitaan berbagai media. "Eh, Buk, kata teman-teman dan adik kelas, Bapak mirip Gayus ya?" tanya Hazmi kepada istrinya.

"Enggak ah, Pak. Bapak lebih ganteng," kata si istri. "Horeee, istriku memuji lagi," celoteh Hazmi.

Begitulah gaya Hazmi memaparkan sebuah cerita yang kocak dan santai. Novel setebal 198 halaman itu diluncurkan di Instituo Italiano Cultura, Jakarta, Kamis (14/4).

Peluncuran buku tersebut menghadirkan pembicara Letjen TNI (Pur) Sutiyoso atau Bang Yos (Gubernur DKI Jakarta 1999-2009), Lily Wahid (anggota DPR), Ingrid Widjanarko (artis dan penulis buku), Maria Dominique (wartawan dan penulis buku), serta Imanuel Hakim Sensei dari Aikido.
(ANT/A038)



Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2011