Jakarta (ANTARA News) - Pertemuan Pejabat Tinggi (Senior Offficial`s Meeting/SOM) ASEAN mempersiapkan penyusunan tiga dokumen untuk diadopsi dalam beberapa pernyataan dalam KTT ke-18 ASEAN di Jakarta.

"Ada 3 dokumen yang akan disampaikan," kata pimpinan SOM dari Indonesia, Djauhari Oratmangun setelah memimpin pertemuan pejabat tinggi ASEAN di Balai Sidang Jakarta, Kamis.

Djauhari yang juga Direktur Jenderal Kerjasama ASEAN Kementerian Luar Negeri itu menjelaskan, ketiga dokumen tersebut terkait dengan gagasan ASEAN dalam komunitas global, perdagangan manusia, serta perdamaian dan rekonsiliasi.

Menurut dia, SOM telah mencapai kesepakatan secara umum tentang ketiga dokumen itu. Hasil kesepakatan SOM itu akan dilaporkan pada menteri luar negeri.

Sementara itu, pembahasan secara lebih rinci untuk setiap dokumen akan dilakukan pada tahap selanjutnya.

Djauhari menjelaskan, pihak terkait kemudian akan menentukan apakah dokumen itu akan ditempatkan sebagai pernyataan bersama kepala negara/pemerintahan negara anggota ASEAN atau pernyataan ketua ASEAN.

SOM adalah salah satu pertemuan yang mengawali rangkaian KTT ke-18 ASEAN di Jakarta. Selain itu juga ada pertemuan pejabat tinggi bidang ekonomi ASEAN, serta pertemuan antara pejabat tinggi bidang ekonomi ASEAN dan Uni Eropa.

Sementara itu, KTT ASEAN akan berlangsung sejak 7-8 Mei 2011. Pertemuan Tingkat Tinggi itu akan dihadiri oleh para kepala negara/pemerintahan negara-negara anggota ASEAN.
(F008)

Editor: Bambang
COPYRIGHT © ANTARA 2011