Jakarta (ANTARA News) -  Brunei Darussalam terkenal  dengan kemakmuran dan ketegasannya dalam menjalankan syariat Islam, baik dalam bidang pemerintahan maupun kehidupan bermasyarakat.

Negara mungil sangat kaya minyak ini terletak di pantai barat laut Pulau Kalimantan.  Bagian Barat adalah dataran pantai berawa, sedangkan di sebelah timurnya berbukit-bukit.

Titik tertinggi adalah bukit Pagon (1.850 m) dengan sungai utama, Sungai Belait.

Brunei terbagi  ke dalam empat distrik; distrik Brunei Muara, distrik Tutong, distrik Belait dan distrik Temburong.

Mesjid Raya Omar Ali Saifuddin yang dibangun di atas sebuah laguna buatan dan berinteriorkan marmer Italia adalah salah satu bangunan termegah di negara ini. Masih ada Kampung Ayer yang menjadi kawasan rumah panggung di mana  terdapat 28 desa di dalamnya.  Kampung ini sudah ada selama beberapa abad.

Lalu ada Pulau Ranggu di tengah sungai dekat Istana Nurul Iman.  Pulau itgu adalah habitat beragam monyet khas Kalimantan.

Bandar Seri Begawan adalah ibukota yang tertata rapi dengan penduduk hanya sekitar 60.000 jiwa.

Brunei Darussalam menganut bentuk pemerintahan Kerajaan Mutlak (monarki absolut) yang bersendikan ajaran Islam dari golongan Ahli Sunnah Waljamaah.  Falsafahnya adalah keadilan, amanah dan kebebasan.

Sultan Hassanal Bolkiah adalah kepala negara, kepala pemerintahan, pemimpin Kkeagamaan, sekaligus menteri pertahanan dan menteri keuangan. 

Sultan Bolkiah adalah keturunan ke-29 yang memerintah negeri tersebut dalam silsilah yang sudah berumur 500 tahun.

Pada 2004, dewan legislatif kembali diberlakukan sejak dibekukan pada 1984.  Dewan Legislatif dan Pardons Board bertugas memberi nasihat kepada Sultan berkaitan dengan adat istiadat dan pemberian pengampunan.

Di bidang pertahanan, Brunei memiliki perjanjian pertahanan dengan Inggris, di mana satu batalyon Angkatan Bersenjata Ghurka dari Kerajaan Inggris  secara permanen  ditempatkan di Seria, dekat pusat industri minyak Brunei.

Kekuatan militernya adalah Royal Brunei Angkatan Bersenjata (RBAF).  Secara priodik menggelar latihan bersama dengan Inggris dan banyak negara, termasuk Amerika Serikat.   Brunei dan Amerika Serikat menandatangani nota kesepahaman (MOU) kerjasama pertahanan pada November 1994.

Brunei bergabung dengan Perhimpunan Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) pada 7  Januari 1984, seminggu setelah pernyataan kemerdekaan penuhnya. September tahun itu juga Brunei menjadi anggota PBB.

Tahun 2013, kepemimpinan ASEAN akan dipegang Brunei.

Di samping ASEAN dan PBB, negara mungil ini juga adalah anggota Organisasi Konferensi Islam (OKI) dan Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC).  Negara ini menuanrumahi  pertemuan APEC November 2000 dan Forum Regional ASEAN (ARF) Juli 2002.


Nama Resmi                            : Negara Brunei Darussalam (Negara Brunei yang penuh kedamaian)
Ibukota                                    : Bandar Seri Begawan
Luas Wilayah                           : 5.765km2
Jumlah Penduduk                      : 357,800jiwa (2004)
Bentuk Negara                         : Kesultanan Konstitusional
Kepala Negara dan Kepala Pemerintahan : Kebawah Duli Yang Maha Mulia Paduka Seri Baginda Sultan Haji Hassanal Bolkiah Mu’izzaddin Wadaulah, Sultan dan Yang Dipertuan Negara Brunei Darussalam
Agama                                      : Islam (mayoritas), Kristen, Budha, Animisme
Bahasa                                      : Bahasa Melayu dan Inggris
Mata Uang                                : Dollar Brunei ( B$)
Ekonomi                                  : minyak, pengilangan minyak, gas alam cair, konstruksi

Aditya

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2011