Jakarta (ANTARA News) - Inaction (Indonesia in Action) bekerjasama dengan Kementrian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Luar Negeri RI dan Sekretariat ASEAN mengadakan forum dan festival untuk pemuda ASEAN 2011 pada 3-8 Mei 2011, di Jakarta.

"Tujuan kita ingin menyediakan wadah yang sudah dilakukan oleh anak muda, terutama belajar mengenai kebudayaan se-ASEAN," kata Ketua "ASEAN Youth Forum and Festival," Zukhriatul Hafizah (Fiza), di Jakarta, Jumat.

Inaction adalah gerakan inisiasi pemuda Indonesia untuk mempromosikan dan mengubah kaum muda melalui tindakan, prestasi dan program pemuda sukarela bag bangsa dan ASEAN.

"ASEAN Youth Forum and Festival" akan dihadiri oleh wakil pemuda yang ada di negara-negara ASEAN. Acara ini adalah forum penukaran gagasan, peningkatan pengetahuan dalam kepemimpinan, kewirausahaan dan pendidian bagi kaum muda.

"Kegiatan dari acara ini ada forum diskusi selama dua hari, di mana anak muda bertukar pikiran mengenai perubahan apa yang bisa dilakukan, dan festival selama satu hari dimana ini merupakan ajang untuk mereka berekspresi," kata Fiza.

"ASEAN Youth Forum" diadakan 4-5 Mei 2011 untuk menyampaikan pernyataan mengenai aksi bersama pemuda ASEAN untuk mendukung pencapaian sosial budaya ASEAN 2015 dengan berbagai kegiatan dan kerjasama di bidang pendidikan, pembangunan, sosial dan budaya.

Sedangkan "ASEAN Youth Festival" diadakan pada 6 Mei 2011 sebagai ajang pengenalan khusus dari eksplorasi kekayaan budaya ASEAN.

Festival ini akan menampilkan seni budaya tradisional dari semua negara ASEAN dan juga menerapkan budaya pameran tradisional yang mempromosikan keragaman negara-negara ASEAN sebagai budaya ASEAN yang penuh warna.

"Acara ini diikuti oleh 49 peserta dari 10 negara anggota ASEAN dan mereka sangat antusias sekali. Semoga mereka tertarik dengan keindahan Indonesia dan ada kelanjutannya setelah ini," kata Fiza.(*)
(T.M-SFA/A025)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2011