Barcelona (ANTARA News) - Barcelona tinggal satu poin lagi untuk menjadi juara Spanyol ketiga kalinya, setelah menang 2-0 atas Espanyol pada pertandingan derbi tim Catalan yang berlangsung Minggu malam waktu setempat.

Gol yang diciptakan Andres Iniesta dan Gerard Pique membuat Barcelona kini mengoleksi 91 poin, delapan angka di atas Real Madrid, yang masih berpeluang dalam perburuan gelar setelah menang 6-2 atas Sevilla pada laga Sabtu.

Barcelona, yang memiliki rekor "head-to-head" lebih baik atas Real, akan dianugerahi makhkota juara bila mereka berhasil menghindari kekalahan lawan Levante, Rabu.

Kegagalan Real melawan Getafe Selasa juga akan membuat perayaan juara bagi tim itu sudah dapat dimulai.

"Pada momen terakhir Barca memenangi gelar, lebih baik," kata

Cristiano Ronaldo, yang mencetak empat angka ketika Real menyudahi Sevilla sehingga golnya pada musim ini menjadi 33, dua angka lebih baik dari bintang Barca Lionel Messi.

Barca mengawali permainan dengan lamban, Minggu, kelihatan masih belum pulih dari pertandingan semi final mereka melawan Real di Liga Champions saat mereka memenangi laga itu.

Espanyol masih memburu peluang menempati posisi ke Liga Eropa kendati jalan mereka belakangan ini tersendat, menang hanya satu kali dalam enam pertandingan.

Barca mulai menekan lawan ketika Pedro Rodriguez menerobos pertahanan lawan dan mencoba penjaga gawang Carlos Kameni dengan tendangan dari jarak sekitar 20 yard, kemudian Iniesta mencoa dari arah pojok sebelum akhirnya pada percobaan berikutnya berhasil menemukan targetnya.

Pemain internasional Spanyol itu saling bagi bola dengan temannya, kemudian ia menguasai bola dan mendapat ruang tembak, bola melayang tidak dapat dijangkau Kameni.

Espanyol yang mencoba menyamakan kedudukan tidak berhasil melakukan tekanan, sebaliknya, gawang mereka yang kebobolan ketika Pique menggetarkan jala gawang mereka dari jarak dekat.

Valencia menjadi favorit kuat untuk menempati urutan ketiga setelah Mallorca dan Villarreal bermain 0-0, Minggu.

Athletic Bilbao naik ke urutan kelima setelah menang 3-2 atas Levante tetapi Atletico Madrid kandas 0-3 di kandang sendiri ketika menjamu Malaga, yang mencatat kemenangan keempat mereka.

Impian Almeria untuk bertahan dalam kompetisi elit Spanyol berakhir ketika lawan mereka Getafe mengalahkan mereka 2-0 dan mereka naik dari zona berbahaya.

Masa depan Hercules pun kurang bersinar ketika mereka berjarak enam angka dari zona aman setelah di kandang sendiri kalah 2-3 atas Racing Santander, demikian AFP melaporkan.  (A008/A011/K004)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2011