Rapallo, Italia (ANTARA News) - Pembalap sepeda asal Belgia Wouter Weylandt meninggal dunia setelah mengalami kecelakaan saat berlangsungnya etape ketiga balap sepeda Giro d`Italia, Senin.

"Meskipun segera mendapat perawatan, tidak ada yang bisa kami lakukan," kata dokter Giro, Giovanni Tredici, pada televisi Rai.

"Hari ini, rekan setim dan teman kami, Wouter Weylandt, meninggal dunia setelah kecelakaan pada etape ketiga Giro d`Italia," kata manajer tim Leopard-Trek, Bryan Nygaard, dalam sebuah pernyataan.

"Tim dalam keadaan goncang dan sedih, dan kami menyampaikan duka cita yang paling dalam pada keluarga dan teman Wouter."

Pembalap tim Leopard-Trek, Weylandt (26) jatuh dari sepedanya di sebuah turunan di Passo del Bocco.

Dokter di tempat kejadian memutus helmnya dan memberikan pertolongan pernapasan selama 40 menit tapi upaya mereka sia-sia meskipun helicopter datang.

Helm wajib dalam balap sepeda sejak kematian pembalap asal Kazakhstan Andrei Kivilev dalam balap sepeda Paris-Nice pada 2003. Pembalap Italia Thomas Casarotto juga meninggal dunia setelah kecelakaan dalam Giro del Friuli tahun lalu.

Pembalap terakhir sebelumnya yang meninggal dalam kecelakaan sebuah kejuaraan besar adalah pembalap Italia Fabio Casartelli saat berlangsung Tour de France 1995.

Weylandt merebut kemenangan terbesar selama karirnya ketika dia memenangi etape yang sama pada Giro tahun lalu, demikian Reuters melaporkan. (I015/K004)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2011