Jakarta (ANTARA News) - Pembalap nasional yang tergabung dalam Pertamina Cusco Rally Team Rifat Sungkar mulai mempersiapkan diri menghadapi seri dua Asia Pacific Rally Championship (APRC) di Queensland Australia, 13-15 Mei 2011.

Rifat yang tetap berpasangan dengan navigatornya yaitu Scott Beckwith ini selain melakukan persiapan fisik juga telah mengontrol kendaraan pacunya yaitu Mitsubishi Evolution X yang dipersiapkan khusus oleh pabrikan Jepang secara langsung.

"Saya bersama tim tiba Queensland awal pekan ini. Tim langsung menyiapkan kendaraan dan hari ini langsung melakukan tes," kata Rifat dalam siaran pers yang diterima ANTARA, Rabu.

Pasangan Rifat-Scott mengaku telah siap menghadapi seri dua APRC karena pihak manajemen yang berasal dari Jepang telah menyiapkan kendaraan pacunya dengan baik sesuai dengan gaya balap yang dimilikinya.

Pihaknya optimistis dengan dukungan penuh dan kesiapan dirinya bersama Scott Backwith mampu memberikan yang terbaik meski lawan yang akan dihadapi tidak akan tinggal diam.

"Kendaraan sudah kami persiapkan dengan lebih sempurna sesuai dengan driving style-nya Rifat dan akan disempurnakan lagi saat testing kendaraan sore ini. Dari data komputer yang kami baca serta evaluasi tim, kami targetkan Rifat akan meraih podium," kata Manajer Pertamina Cusco Rally Team, Sugimura.

Pembalap utama tim Pertamina Cusco Rally Team ini pada seri dua APRC dengan titel kejuaraan "International Rally of Queensland" ini akan bersaing dengan 96 peserta lainnya dari berbagai negara.

Mereka akan melintasi lintasan sejauh 613,90 km yang terbagi atas 19 Special Stage (SS). Kejuaraannya sendiri dimulai dari daerah Calaundra pada Jumat (13/5) malam dengan perkiraan kondisi cuaca sekitar 12-15 derajat celcius.

"Variatif dalam kondisi lintasan dan kompetitif dalam panjangnya lintasan. Rally akan dimulai dengan Super SS sepanjang 2,2 km pada malam hari dan SS terakhir para peserta masih harus fight di SS sejauh 34,30 km," kata Rifat Sungkar menambahkan.

Rifat-Scott pada tahun ini dijadwalkan mengikuti enam seri APRC 2011 yang dimulai di Malaysia dan selanjutnya adalah Queensland Australia, Kaledonia Baru, Selandia Baru, China serta Jepang.

Pada APRC tahun ini Rifat-Scott juga terdaftar untuk merebutkan tropi Pacific Cup yaitu dengan meraih poin di Australia, Kaledonia Baru dan Selandia Baru. Pada seri ini Rifat juga akan mendapat tantangan dari pebalap Tanah Air lainnya yaitu Subhan Aksa-Hadi Mboi dari Bosowa Rally Team.
(B016)

Editor: Bambang
COPYRIGHT © ANTARA 2011