Gorontalo (ANTARA News) - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kabupaten Bone Bolango diminta untuk memperbaiki kualitas kerja yakni dengan menjalankan tugas pokok dan fungsinya secara ideal.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bone Bolango, Syukri Botutihe, Kamis, mengatakan bahwa sebagai bagian dari penggerak pembangunan daerah, Satpol PP harus ikut ambil andil secara profesional dalam proses mensukseskan program pemerintah.

Dia menjelaskan, sebagai instansi penegak disiplin, Satpol PP juga dituntut untuk bisa menjadi contoh dalam program penegakan disiplin di Kabupaten Bone Bolango.

"Satpol PP harus bisa menunjukkan jati dirinya sebagai penegak aturan daerah," Ujar Syukri.

Selain itu, kata dia, sesuai dengan fungsinya, Satpol PP pun harus bisa bekerja secara baik dan benar dalam mengawasi proses berjalannya aturan daerah yang diberlakukan.

Untuk memulai langkah peningkatan kualitas kerja, Syukri meminta Satpol PP segera menata kembali markas mereka dan membentuk regu siap. "Sehingga personel Satpol PP bisa siaga jika sewaktu-waktu dibutuhkan dalam keadaan darurat," Kata Syukri.

Dia menegaskan, jika hal itu sudah dijalankan dan kinerja Satpol PP sudah menunjukkan peningkatan maka pemerintah daerah tidak akan segan-segan untuk melengkapi perlengkapan atau kebutuhan mereka.

Syukri menjelaskan bahwa jumlah personel Satpol PP Kabupaten Bone Bolango baru 91 orang.

Jumlah anggota Satpol PP tersebut, kata dia, terdiri atas 22 orang tenaga organik (PNS) dan 69 tenaga nonorganik (honorer). (MTO/Z002/K004)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2011