Jakarta (ANTARA) - Data Komisi Penghijauan Nasional China pada Senin (13/12) menunjukkan bahwa sebanyak 78,1 miliar pohon telah ditanam para sukarelawan di China sejak dimulainya kampanye penanaman pohon sukarela di negara tersebut 40 tahun yang lalu. 

Kampanye penanaman pohon sukarela nasional yang diluncurkan pada Desember 1981, membuat penghijauan menjadi tanggung jawab bagi seluruh warga China yang memenuhi syarat, serta telah membantu negara menjadi semakin hijau, kata seorang pejabat komisi tersebut.Kampanye penanaman pohon sukarela nasional yang diluncurkan pada Desember 1981, membuat penghijauan menjadi tanggung jawab bagi seluruh warga China yang memenuhi syarat, serta telah membantu negara menjadi semakin hijau, kata seorang pejabat komisi tersebut.

Saat ini, tingkat cakupan hutan China naik dua kali lipat dari 12 persen pada awal 1980-an menjadi 23,04 persen, sedangkan jumlah volume batang dari semua pohon hidup per satuan luas (forest stock volume) meningkat dari 9,03 miliar meter kubik menjadi 17,56 miliar meter kubik. Pada periode yang sama, tingkat cakupan kawasan hijau perkotaan bertambah menjadi 41,11 persen.

"Kampanye ini secara signifikan telah meningkatkan kesadaran masyarakat tentang menambah dan melindungi tanaman hijau," imbuh pejabat tersebut.

Warga China dapat berpartisipasi dalam penanaman pohon melalui lebih dari 50 cara, termasuk mengadopsi pohon dan memberikan donasi. Mereka juga dapat melakukan kebaikan tersebut secara daring di 15 provinsi. 
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Desi Purnamawati
COPYRIGHT © ANTARA 2021