Paringin (ANTARA) - Badan Intelijen Negara Daerah (BINDA) Kalimantan Selatan bersama jajaran Polres Balangan melakukan deteksi warga yang belum vaksinasi kepada pengguna jalan yang melintas di depan SMKN 1 Paringin.

Posda BIN Kabupaten Balangan Rizki di Paringin Selasa mengatakan, deteksi tersebut sebagai upaya mendukung percepatan proses vaksinasi khususnya di Kabupaten Balangan.

Dia melanjutkan, bagi pengguna jalan yang tidak bisa menunjukkan bukti sudah melakukan vaksin, langsung diarahkan ke gerai vaksinasi di halaman SMKN 1 Paringin.

Sebelumnya, Posda BIN Balangan bersama Polres Balangan juga melakukan vaksinasi pelajar di SMKN 1 Paringin Kabupaten Balangan.

Selain itu, tim juga memeriksa pengguna jalan yang melintas di lokasi tersebut, dan langsung mengarahkan warga yang belum mengikuti vaksinasi untuk mengikuti vaksinasi yang telah disediakan.

"Kita harus saling bahu membahu mempercepat cakupan vaksinasi agar terbentuk kekebalan komunal dengan berbagai cara dan teknik di lapangan.

Kegiatan tersebut mendapatkan apresiasi dari masyarakat yang melintas, karena memudahkan dalam menerima vaksinasi.

"Target sasaran vaksinasi BINDA Kalsel di Balangan sendiri adalah 1.000 orang, dengan sasaran pelajar serta masyarakat umum baik dari dosis pertama dan kedua," ujarnya.

Dia menambahkan, puluhan warga yang diberhentikan oleh petugas sebagian juga beragumen bahwa mereka tidak bisa divaksin, karena memiliki riwayat penyakit yang tidak diperbolehkan untuk melakukan vaksinasi.

"Menanggapi hal tersebut, kami arahkan mereka dicek oleh dokter terlebih dahulu, kemudian baru ditentukan apakah bisa divaksin atau tidak," katanya.

Sebagai informasi, gerai vaksinasi BIN masih akan berlanjut di beberapa tempat lainnya, hingga 18 Desember 2021 dengan target sasaran 1.000 orang.
Baca juga: Polda Kalsel vaksinasi 1.307 warga pesisir pedalaman Aluh-Aluh
Baca juga: Pemprov Kalsel targetkan 67 ribu vaksinasi per hari
Baca juga: Kalsel dapatkan tambahan 97.110 dosis vaksin COVID-19 dari Kemenkes

Pewarta: Ulul Maskuriah/Ragil Darmawan
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021