Timika (ANTARA News) - Angka kelulusan peserta Ujian Nasional (UN) tingkat SMA di Mimika, Papua tahun ini mencapai 98,8 persen. Sedangkan untuk tingkat SMK mencapai 99,5 persen.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Mimika, Nilus Leisubun kepada ANTARA di Timika, Senin menyambut positif tingginya persentase kelulusan peserta UN SMA dan SMK tersebut.

"Kenaikan persentase kelulusan peserta UN tingkat SMA dan SMK di Mimika tahun ini yang melampaui target yang ditetapkan Pemerintah Daerah menujukkan bahwa semua pihak baik dewan guru, siswa, orang tua murid dan masyarakat sudah bekerja maksimal," jelas Nilus.

Ia mengatakan, pengumuman kelulusan peserta UN SMA dan SMK di Mimika akan digelar serentak hari Senin (16/5) di sembilan SMA dan enam SMK penyelenggara. Untuk tingkat SMA, kelulusan peserta UN jurusan bahasa mencapai 97,7 persen, jurusan IPA 99,6 persen dan jurusan IPS 99,3 persen.

Nilus berharap semua pihak yang terlibat langsung dalam penyelenggaraan pendidikan di Mimika terus berupaya memperbaiki berbagai kekurangan yang ada.

"Kita tidak saja mengejar persentase kelulusan secara kuantitatif, tetapi secara kualitatif anak-anak kita juga memiliki kemampuan yang sanggup bersaing dengan anak-anak dari daerah lain," harap Nilus.

Sementara itu Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Dikbud Mimika, AM Tahir meminta sekolah-sekolah dapat menjaga ketertiban dan keamanan saat pengumuman kelulusan perserta UN tingkat SMA dan SMK.

"Saat pembacaan pengumuman kelulusan, jika ada siswa yang tidak lulus maka kepada orang tua murid diberi pengertian baik. Peserta yang tidak lulus bisa langsung didaftarkan ke Dinas Dikbud untuk mengikuti program Paket C," imbau Tahir.

Peserta UN tingkat SMA dan SMK di Mimika tahun ini mencapai 1.326 orang, terdiri dari 669 peserta UN SMA dan 657 peserta UN SMK.  (E015/A011/K004)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2011