London (ANTARA News) - Klub West Ham memecat pelatih Avram Grant menyusul kekalahan 2-3 dari tuan rumah Wigan, membuat klub asal London tersebut dipastikan akan terdegradasi dari Liga Utama Inggris.

Penyerang asal Senegal Demba Ba mencetak dua gol untuk mengantar The Hammers unggul 2-0 pada babak pertama di pertandingan yang harus mereka menangi itu.

Tapi Wigan yang berada di peringkat kedua dari bawah klasemen, mampu bangkit untuk menyamakan kedudukan menjadi 2-2 melalui Charles N`Zogbia pada menit ke-57 dan pemain cadangan Conor Sammon sebelas menit kemudian.

Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion DW itu, tuan rumah akhirnya mampu membalikkan keadaan untuk merebut kemenangan menjadi 3-2 berkat gol N`Zogbia pada saat "injury time".

Kekalahan tersebut membuat The Hammers hanya mengemas 33 angka, yang berarti kemenangan atas Sunderland pada pertandingan minggu depan, tetap tidak bisa menyelamatkan klub tersebut dari zona degradasi.

"Pihak klub bisa memastikan bahwa Avram Grant tidak lagi menjadi pelatih West Ham," demikian pernyataan yang dikeluarkan situs klub tersebut.

"Pelatih Kevin Keen akan menangani klub menghadapi pertandingan terakhir melawan Sunderland pada 22 Mei," demikian pernyataan manajemen klub.

"Saat kedudukan imang 2-2, kami punya peluang besar untuk mencetak gol dan mungkin beginilah akhir perjalanan kami musim ini," kata Grant, pelatih asal Israel itu kepada Sky Sports, beberapa saat sebelum dipecat.

"Para pendukung sangat mengesankan. Saya minta maaf karena kami tidak bisa melakukan tugas seperti yang diinginkan," katanya.

Sebaliknya, Wigan masih berpeluang lolos dari degradasi jika setidaknya mampu bermain imbang pada pertandingan berikutnya menghadapi Stoke.

"Kami sempat tertinggal 0-2 dan hasil kerja keras dalam sepuluh bulan terakhir akhirnya terlihat," kata Roberto Martinez, pelatih Wigan.

Secara keseluruhan, terdapat lima klub yang masing-masing hanya terpaut satu angka sehingga mereka harus saling bertarung agar tetap bertahan di kompetisi paling bergengsi itu.

Wigan dan Blackpool, sama-sama berada di zona degradasi dengan 39 angka. Sementara Birmingham yang mengalahkan Fulham 2-0, Minggu, juga mengumpulkan 39 angka, tapi unggul selisih gol.

Blackburn dan Wolves, yang sama-sama mengumpulkan 40 angka, juga masih belum aman dari ancaman degradasi menjelang pertemuan di Molineux minggu depan.

Sementara pada persaingan di papan atas, harapan Arsenal untuk mampu menempati posisi runner-up akhirnya musnah setelah dikalahkan tim tamu Aston Villa 1-2.

Kekalahan tersebut, yang disambut dengan ejekan pendukung mereka, menempatkan Arsenal tertinggal empat angka dari saingan terdekat Chelsea yang pada pertandingan lainnya bermain imbang 2-2 dengan Newcastle.
(a032/Z002)

Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2011