Jakarta (ANTARA News) - Bank Mandiri menyiagakan 150 kantor pembayaran bagi sekitar 800 ribu calon mahasiswa yang akan mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2011.

Senior Vice President Institutional Banking I Bank Mandiri Jiantok Hardjiman di Jakarta, Kamis mengatakan pembukaan kantor cabang Bank Mandiri tersebut dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan tingginya frekuensi pembayaran menjelang berakhirnya masa pembayaran pendaftaran SNMPTN pada 24 Mei 2011.

"Kami terus berupaya untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan calon peserta SNMPTN dalam melakukan pembayaran sehingga tingkat kesuksesan pelaksanaan SNMPTN dapat lebih baik dari sebelumnya," kata Jiantok.

Menurutnya, para calon mahasiswa itu dapat melakukan pembayaran pendaftaran SNMPTN di seluruh kantor cabang Bank Mandiri pada tanggal 2-24 Mei 2011 serta melalui Internet Banking Mandiri, ATM Mandiri dan SMS Banking Mandiri.

Khusus untuk hari Sabtu (21/5), Bank Mandiri akan membuka operasional 150 kantor cabang di berbagai wilayah Indonesia untuk melayani pembayaran SNMPTN 2011.

Peserta SNMPTN dapat melakukan pembayaran di kantor Bank Mandiri pada pukul 08.00 - 14.00 waktu setempat. Untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya, kantor cabang yang disiagakan pada Sabtu mendatang di antaranya Kantor Cabang Kyai Tapa, Kantor Cabang Tanjung Priok Enggano, Kantor Cabang Pembantu Kepala Gading, Kantor Cabang Pembantu Tangerang UIN Syarif Hidayatullah.

Kemudian, Kantor Cabang Jakarta Jatinegara Timur, Kantor Cabang Bekasi Juanda, Kantor Kas Bogor IPB Darmaga, Kantor Kas Depok Universitas Indonesia, Kantor Cabang Bogor Juanda dan Kantor Cabang Bekasi Juanda.

Selain melalui kantor cabang, para calon mahasiswa maupun orang tua, dapat melakukan pembayaran di seluruh jaringan Bank Mandiri seperti ATM, Internet Banking, dan SMS Banking selama 24 jam Bank Mandiri menyediakan layanan sistem pembayaran untuk mendukung pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2011.

Melalui layanan tersebut, Bank Mandiri akan menerima pembayaran uang pendaftaran calon peserta SNMPTN yang diikuti oleh 60 Perguruan Tinggi Negeri di seluruh Indonesia, sehingga, seluruh calon mahasiswa dari berbagai wilayah di Indonesia dapat memperoleh kesempatan yang sama untuk mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi negeri.

Biaya pendaftaran SNMPTN 2011 untuk jalur ujian tertulis ditetapkan sebesar Rp150 ribu untuk kategori IPA dan IPS dan Rp175 ribu untuk kategori IPC. Sementara untuk calon mahasiswa yang akan mengikuti ujian keterampilan, biaya untuk satu mata ujian keterampilan ditetapkan sebesar Rp150 ribu.

Ujian Tertulis akan dilakukan pada 31 Mei dan 1 Juni 2011, sementara ujian Keterampilan tanggal 3 dan 4 Juni 2011. Calon peserta dapat menghubungi Call Centre Mandiri 14000 jika mengalami kesulitan saat melakukan login di website SNMPTN dan bila terdapat kendala dengan pembelian PIN, calon peserta dapat menghubungi call center SNMPTN pada nomor 0804-1-450-450.(*)
(T.D012/S025)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2011