Berlin (ANTARA News) - Kanselir Jerman Angela Merkel Kamis mendesak pemilihan ketua baru Dana Moneter Internasional (IMF) secepatnya menyusul pengunduran diri Dominique Strauss-Kahn, dengan mengatakan pimpinan IMF yang baru itu haruslah orang Eropa.

Juru bicara Merkel menolak berkomentar sedangkan pada sebuah laporan harian bisnis Handelsblatt bahwa ia menginginkan Christine Lagarde, menteri keuangan Prancis, diberi pekerjaan tersebut, mengatakan Berlin belum mencapai keputusan.

"Ibu Lagarde adalah tokoh yang sangat dihormati secara internasional, dengan Jerman telah memiliki hubungan kerja yang baik," kata seorang sumber pemerintah.

Tidak jelas apakah ini dimaksudkan sebagai petunjuk bahwa Berlin akan mendukung pencalonan dia.

Merkel mengatakan bahwa mengingat "keterlibatan yang kuat" IMF dalam krisis euro, Berlin ingin melihat pria Prancis Strauss-Kahn, yang mengundurkan diri pada Rabu untuk menghadapi tuduhan penyerangan seksual di New York, digantikan oleh orang lain dari Eropa.

"Saya berpendapat bahwa kita harus mengusulkan calon Eropa ... saya tidak akan menyebut nama hari ini, tapi kita akan membahas hal itu dalam Uni Eropa," kata Merkel kepada wartawan.

"Saya percaya itu sangat penting juga bahwa kami menemukan solusi dengan cepat, tentu saja."

Dia menambahkan: "Tentu saja negara-negara berkembang dalam hak-hak mereka dalam jangka menengah untuk menduduki jabatan, baik kepala IMF maupun kepala Bank Dunia."

"Tapi saya berpikir bahwa dalam situasi saat ini, dengan masalah serius dengan euro dan IMF sangat terlibat, ada banyak mendukung orang Eropa calon yang diajukan."

IMF telah memberikan kontribusi miliaran euro (dolar) untuk dana talangan Eropa bagi anggota zona euro yang dililit utang, Yunani, Irlandia dan Portugal.

Merkel mengatakan bahwa fakta bahwa kantor Strauss-Kahn belum berakhir -- baru akan berakhir pada November 2012 -- juga harus "diambil ke dalam perhitungan" dan diajukan sebagai argumen untuk penunjukkan orang Eropa lain.

Dia tidak menentukan apakah dia pikir seorang Eropa harus mengambilalih sampai November 2012.

Wakil juru bicara Merkel, Christoph Steegmans mengatakan pada Rabu bahwa ada "berbagai macam syarat yang harus kandidat penuhi" di Eropa.

Lagarde dan Axel Weber, sampai saat ini Gubernur Bundesbank, bank sentral Jerman, telah disebut-sebut sebagai kemungkinan pengganti pekerjaan itu.

Strauss-Kahn, 62, mengundurkan diri pada Rabu malam, empat hari setelah ditangkap di New York karena dicurigai melakukan penyerangan seksual dan mencoba memperkosa pembantu kamar berusia 32 tahun di kamar hotel mewah.

Strauss-Kahn, mantan menteri keuangan Sosialis yang telah banyak diharapkan untuk menantang Nicolas Sarkozy sebagai presiden Prancis dalam pemilu tahun depan, saat ini sedang dalam tahanan dan telah mengajukan protes bahwa ia tidak bersalah.

Kemudian pada Kamis pengacaranya berencana pergi ke pengadilan untuk mencari uang jaminan, didukung oleh tawaran ikatan satu juta dolar dan sebuah janji bahwa Strauss-Kahn akan tetap di apartemen di New York.
(*)

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2011