Jakarta (ANTARA News) - Indonesia akan menjadi tuan rumah Konferensi ke-VI Kesehatan Reproduksi se-Asia Pasifik (APCRSHR VI) Oktober mendatang.

"Ini untuk pertama kalinya Indonesia menjadi tuan rumah APCRSHR," kata Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Sugiri Syarief di Jakarta, Rabu, usai melakukan kunjungan kerja dari Medan, Sumatera Utara.

Sugiri menjelaskan, APCRSHR VI adalah konferensi regional negara-negara Asia Pasifik untuk isu kesehatan reproduksi.

"Pertemuan ini mengusung tema `Claiming Sexual and Reproductive Rights in Asian Pacific Societies`," katanya.

Sugiri menambahkan, Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan (PSKK) Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dengan pendukung utama BKKBN akan menjadi penyelenggaranya.

"Konferensi ini mengagendakan 'out-put' tentang realisasi hak-hak atas kesehatan reproduksi dan seksual bagi dan oleh masyarakat di wilayah Asia dan Pasifik," katanya.

Rencananya, konferensi ini akan berlangsung selama empat hari, mulai dari 19 hingga 22 Oktober 2011 di Yogyakarta.

Secara khusus APCHRS VI juga akan menyelenggarakan Forum Remaja sehari sebelum acara pembukaan, yang terbuka bagi remaja usia antara 15-24 tahun.

Forum ini rencananya akan dihadiri oleh 200 orang lebih remaja se-Asia Pasifik.

"Kemungkinan besar karena negara-negara lain menilai Indonesia telah berhasil menjalankan program KB, termasuk dalam bidang kesehatan reproduksi, maka kita menjadi tuan rumah pada tahun ini," katanya.

(W004)

(ANTARA)

Editor: Ella Syafputri
COPYRIGHT © ANTARA 2011