Jakarta (ANTARA News) - Indonesia menguasai sekitar 35 persen dari produksi kelapa sawit di dunia dari berbagai perusahaan yang memiliki sertifikasi Organisasi Kelapa Sawit Berkelanjutan (Roundtable on Sustainable Palm Oil/RSPO).

Berdasarkan data dalam rilis RSPO yang diterima ANTARA News, di Jakarta, Rabu, Indonesia berada di posisi kedua dengan sekitar 35 persen dari suplai produksi global pada saat ini.

Pada posisi teratas, ada Malaysia yang menguasai 54 persen kapasitas produksi kelapa sawit bersertifikasi RSPO di dunia.

Sedangkan Papua Nugini dan Kolombia dilaporkan masing-masing menguasai 10 persen dan 1 persen produksi kelapa sawit bersertifikat RSPO.

Namun, hasil kelapa sawit bersertifikasi RSPO diperkirakan hanya berjumlah sekitar sembilan persen dari keseluruhan produksi sawit dunia.

RSPO merupakan sebuah inisiatif yang dibuat oleh beragam pemangku kepentingan yang ingin mempromosikan produksi minyak kelapa sawit yang berkelanjutan di seluruh dunia.

Organisasi tersebut meliputi lebih dari 450 anggota termasuk perusahaan kebun kelapa sawit, perusahaan penyuling minyak, perusahaan manufaktur bahan konsumsi, penjual, investor, serta LSM sosial dan lingkungan.

RSPO dimulai pada tahun 2003 sebagai kerja sama informal antara Aarhus United UK Ltd, WWF (World Wildlife Fund), Golden Hope Plantations Berhad, Migros, the Malaysian Palm Oil Association, Sainsbury, dan Unilever.

Pada tahun 2004, RSPO secara legal diregistrasi di Swiss dan kantornya terletak di Kuala Lumpur (Malaysia) dan Jakarta (Indonesia). Sedangkan Pertemuan RSPO 2010 telah digelar di Hotel Mulia Senayan, Jakarta Pusat, 9-11 November 2010.

Sebelumnya, data lembaga independen internasional Oil World pada akhir 2010 mengemukakan bahwa Indonesia menghasilkan 47 persen dari produksi minyak kelapa sawit yang dihasilkan perkebunan kelapa sawit di seluruh dunia sehingga menjadi negara produsen nomor satu di dunia.

Menurut data Oil World, setelah Indonesia, negara yang berada di posisi kedua adalah Malaysia dengan produksi 39 persen minyak kelapa sawit global.

Negara lainnya yang juga banyak memproduksi kelapa sawit termasuk Nigeria, Thailand, Kolombia, Ekuador, Papua Nugini, Pantai Gading, dan Brazil.

Pada tahun 2010, produksi kelapa sawit global diperkirakan mencapai 46 juta ton dengan total area yang digunakan untuk menanam kelapa sawit di seluruh dunia mencapai 12 juta hektar, sebagian besar berlokasi di Indonesia dan Malaysia. (M040)

(*)

Editor: Ella Syafputri
COPYRIGHT © ANTARA 2011