London (ANTARA News) - Pemain veteran Manchester United Paul Scholes dan Ryan Giggs menaruh hormat kepada pemain bintang Barcelona Andres Iniesta menjelang laga final Liga Champions di Stadion Wembley pada Sabtu, 28 Mei 2011.

Kedua punggawa United itu menyebut Iniesta sebagai ikon yang tengah bersinar terang dan patut ditiru oleh pemain lain. Keduanya juga berharap United dan Barcelona dapat melengkapi suksesnya di Benua Biru. United keluar sebagai juara Liga Utama Inggris, sementara Barca tampil sebagai kampiun Liga Utama Spanyol, sebagaimana dikutip dari laman SkySports.

Sebelumnya, Iniesta memuji penampilan pemain timnas Inggris Wayne Rooney. "Rooney tampil sebagai salah satu pemain terbaik di dunia. Saya sangat suka menyaksikan dia bermain," kata Iniesta di harian Independent.

"Mereka (United) punya Nani dan punya lini pertahanan kokoh. Jika anda ingat betul akan sejarah, maka sulit mengabaikan peran dari Paul Scholes atau Ryan Giggs. Mereka jadi contoh bagi pemain lainnya."

Iniesta yang memperlihatkan peran penting sebagai playmaker juga menghormati pelatih Barcelona Pep Guardiola. Pep telah membawa Blaugrana menyabet tiga gelar di Primera Liga sejak ia menangani pasukan Catalan pada 2008, termasuk menggondol trofi Liga Champions pada 2009.

"Perannya begitu penting bagi kami," kata pemain berusia 27 tahun itu. "Saya kira kami semua sepakat bahwa dia jadi kunci sukses bagi tim. Ia pandai mengomunikasikan kemauannya kepada para pemain. Ia mumpuni mengenai setiap laga. Ia pelatih yang memberi anda pemecahan masalah. Saat kami menemui kebuntuan, ia datang dengan jawaban".

"Para pemain memerlukan sosok yang berani mengambil keputusan karena kami berada di lapangan. Seorang pelatih seyogyanya dapat menjadi pemandu para pemainnya. Dengan begitu kami dapat menimba banyak pelajaran darinya," kata Iniesta yang berjuluk El Cerebro alias Si Otak.
(A024)

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2011