Sarajevo (ANTARA News/AFP) - Federasi Sepak Bola Bosnia, Kamis, mengadopsi statuta baru, yang diperkirakan sebagai upaya untuk mengakhiri hukuman larangan bertanding internasional yang dijatuhkan Badan Sepak Bola Dunia (FIFA) dan Badan Sepak Bola Eropa (UEFA) terhadap negara tersebut.

"Sidang umum federasi secara aklamasi dengan 55 suara mendukung statuta baru," kata seorang anggota komisi normalisasi Dino Begic, yang dibentuk oleh FIFA yang bertugas memperbaiki sepak bola Bosnia, seusai pemungutan suara.

Enam anggota komite normalisasi punya tugas utama meyakinkan para pejabat sepakbola negara itu, terlebih Serbia, agar mendukung statuta baru.

FIFA dan UEFA pada 1 April, menghukum Bosnia-Hercegovina dilarang bertanding di tinngkat internasional dan Eropa setelah Federasi Sepak Bola Bosnia (NSBIH) gagal mengadopsi statuta yang menghendaki hanya ada satu kepemimpinan daripada adanya tiga presiden sepakbola -- yang terdiri satu pimpinan dari Kroasia, satu Muslim dan satu dari Serbia.

Saat ini Serbia dan beberapa delegasi Kroasia menentang mengubah statuta.

"Saya berharap bahwa FIFA dan UEFA akan mencabut hukuman larangan itu segera mungkin, pada 31 Mei, agar timnas bisa bertanding melawan Rumania pada 3 Juni, pada kualifikasi Euro 2012," kata Sekjen NSBIH Jasmin Bakovic.

Setelah bertanding melawan Rumania, Bosnia selanjutnya akan bertanding melawan Albania pada 7 Juni dalam kejuaraan Eropa 2012 yang akan dituanrumahi oleh Polandia dan Ukraina.

Bosnia saat ini bermain di Grup D dan baru-baru ini berada di posisi keempat dengan terpaut lima poin dari pimpinan klasemen grup Prancis.(*)

(Uu.A020/Z002)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2011