London (ANTARA News) - Bek tengah Manchester City Kolo Toure, Kamis, dikenai skorsing enam bulan karena hasil tesnya menyatakan positif mengkonsumsi obat terlarang awal bulan ini.

Larangan main tersebut dihitung sejak 2 Maret, tanggal ia dikenai skorsis sementara, yang artinya pemain nasional Pantai Gading itu bisa memperkuat klubnya pada September.

Toure juga akan menjadi target pemeriksaan selama periode dua tahun, mulai Kamis, setelah sidang Komisi Regulasi independen diselenggarakan di Wembley oleh Asosiasi Sepak Bola (FA).

Toure mengakui pelanggaran tersebut - yang pertama kali bagi dia - melanggar regulasi 3 dari FA Doping Regulations 2010-11.

Tetapi sidang tersebut mempertimbangkan keadaan di balik penggunaannya tablet air milik istrinya tersebut.

Dipimpin oleh Christopher Quinlan QC, komisi tersebut puas Toure

tidak ada niat untuk meningkatkan penampilannya dalam olahraga atau menutupi pengunaan substansi peningkat penampilan.

"Ini masa yang sulit bagi saya. Saya sedih kehilangan kesempatan bersama tim meraih kemenangan untuk memastikan Liga Champions dan juga memenangi Piala FA di Wembley," kata Toure dikutip AFP.

"Tetapi saya lega saya akan bisa kembali ke sepak bola pada September dan berterima kasih kepada komisi FA atas pengertian mereka mengenai kasus saya saat mengambil keputusan."

(SYS/F005/A011)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2011