Palembang (ANTARA News) - Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin menegaskan bahwa ruang terbuka hijau di lokasi pertandingan SEA Games Jakabaring, Palembang, segera rampung awal Juli 2011.

Alex Noerdin seusai pertemuan dengan panitia kerja pengawasan SEA Games di Palembang, Kamis (26/5) malam mengatakan, sekarang ini pembangunan ruang terbuka hijau tersebut telah mencapai 62,037 persen.

"Jadi awal Juli ruang terbuka hijau tersebut ditargetkan selesai sehingga lokasi pertandingan pesta olahraga se-Asia Tenggara mendatang semakin nyaman," ujar dia.

Ruang terbuka hijau tersebut pendanaannya dibantu Kementerian Pekerjaan Umum sementara Pemerintah Provinsi Sumsel menyiapkan berbagai keperluan lainnya atau fasilitas pendukung.

Lebih lanjut dia mengatakan, mengenai pohon yang ditanam di ruang terbuka hijau tersebut semuanya didatangkan dari Jakarta dengan batang masih utuh dan setiba di lokasi tinggal ditanam.

Bahkan, kata dia, pohon tersebut tingginya sudah mencapai tujuh meter dengan kondisi segar sehingga ruang terbuka hijau tersebut benar-benar seperti dalam lingkungan hutan.

Oleh karena itu ruang terbuka hijau nanti benar-benar sudah jadi dan lokasi tersebut semakin asri, kata dia pula.

Menurut dia, ruang terbuka hijau tersebut tidak lain untuk mendukung lokasi Jakabaring yang juga akan dijadikan pusat olahraga tersebut semakin nyaman serta menarik.

Selain itu fungsi ruang terbuka hijau tersebut sebagai paru-paru kota karena alamnya menjadi nyaman sebagaimana layaknya ketika berada dihutan, kata dia pula.

Dengan adanya penataan tersebut diharapkan Jakabaring akan semakin maju serta bisa menjadi tempat hiburan bagi keluarga, tambah dia.

(U005/M026)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2011