Jakarta (ANTARA News)- Samsung Electronics telah meminta sebuah pengadilan di Amerika Serikat untuk memaksa Apple Inc menyerahkan iPad dan iPhone generasi terbarunya dalam serangkaian pertikaian terkait hak paten antara dua raksasa teknologi dunia itu.

Sebelumnya awal pada Mei Lucy Koh, seorang Hakim Pengadilan Distrik AS memerintahkan Samsung menyerahkan salinan dari beberapa model telepon selular dan tablet Galaxy-nya.

"Jika pengadilan membolehkan Apple mengakses ke produk masa depan Samsung itu akan sangat merugikan Samsung dalam proses pengadilan ini, tetapi juga mencegah Samsung memperoleh akses kepada produk masa depan Apple sehingga mereka bisa menyiapkan pertahanannya," tegas Samsung dalam pembelaannya kepada Pengadilan Distrik Utara California, AS.

Sebulan sebelumnya Apple menuntut Samsung dan mengklaim bahwa jajaran produk tablet serta ponsel Galaxy merupakan contekan dari produk iPhone dan iPad. Sementara Samsung juga membalas menuntut dengan menuduh Apple telah mencontek teknologi mereka.

Apple merupakan pelanggan terbesar kedua Samsung pada tahun lalu, khususnya untuk produk semikonduktor. Produsen iPhone itu memfokuskan tuntutannya pada Samsung terkait fitur-fitur desainnya, misalnya tampilan dari ikon-ikon layar.

Apple dan Samsung merupakan bagian dari pertikaian besar para produsen ponsel dan pemasok piranti lunak dunia yang saling mengklaim hak paten.

Samsung merupakan salah satu produsen ponsel cerdas yang bertumbuh paling cepat dan kini menjadi pesaing Apple yang paling tangguh.

Samsung Galaxy menggunakan sistem operasi Android dari Google yang juga bersaing langsung dengan piranti lunak Apple.

(Ber/S026)

Penerjemah:
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2011